Atlet Nasional Tercecer, Frans Watopa Rebut Juara Rhino Cross Triathlon 2019

Oleh Defri Saefullah pada 29 Sep 2019, 10:45 WIB
Diperbarui 30 Sep 2019, 09:53 WIB
Frans Watopa

Liputan6.com, Pandeglang- Atlet asal TNI AD, Daeniel Frans Watopa berhasil menjadi juara pada kejuaraan trilomba Rhino Cross Triathlon yang berlangsung di Tanjung Lesung, Pandeglang, Minggu (29/9/2019). Dia berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 jam 55 menit 13 detik pada kejuaraan yang melombakan renang, bersepeda dan lari ini.

Posisi dua diisi Ady Akhmad Jukardi dari Jawa Barat dengan catatan waktu 1 jam 55 menit 18 detik. Kejutan terjadi karena juara dua tahun beruntun Muhamad Taufik yang juga atlet nasional hanya finis di posisi ketiga untuk Rhino Cross Triathlon tahun ini.

Taufik tertinggal cukup jauh dari dua besar. Atlet nasional ini catatkan waktu 2 jam 7 menit 31 detik.

Strategi matang berhasil menjadi kunci kemenangan Frans Watopa. Dia memanfaatkan keunggulannya di renang dan lari sehingga unggul 5 detik saja dari Ady Jukardi.

"Nggak ada pikiran bisa menang, paling posisi dua dan tiga. Namun ternyata saya bisa," kata Frans.

"Saya andalkan renang dan lari. Awalnya saya juga atlet lari. Saya harus mematangkan lagi renang dan bersepeda agar lebih bersaing lagi ke depannya. Di triathlon, saya baru satu tahun ini berlatih di Jepara."

Setelah mengikuti Rhino Cross Triathlon, Frans Watopa akan mengikuti kejuaraan di Pariaman dan Bima."Buat saya, trek bersepeda menantang sekali. Banyak tanjakan dan kontur tanah membuat berat," ujarnya.

Sejak pukul 7.00 pagi WIB, 63 peserta yang ikut Rhino Cross Triathlon sudah bersiap. Dimulai dengan renang, peserta melanjutkan dengan bersepeda dan lalu diakhiri lari.

 

2 dari 3 halaman

Rutin Berlatih

Rhino Cross Triathlon
Rhino Cross Triathlon 2019 dimenangkan seorang anggota TNI AD, Frans Watopa (dok: Vox Populi Publicists)

Frans mengatakan rutin berlatih jadi alasan dia bisa bersaing dan bahkan juara di Rhino Cross Triathlon. Padahal, dia baru pertama kali ikut kejuaraan cross country seperti ini.

"Saat pertama kali lihat trek, saya kaget sekali. Saya tak menyangka bisa juara," ujarnya.

Sementara Ady Jukardi mengakui keunggulan Frans. Dia juga sempat ketinggalan jauh di renang.

"5 km masih bersama saat lari, tapi power lawan saya sangat kuat. Makanya saya berpikir posisi dua saja sudah beruntung," ucapnya.

Untuk kelas Bull, Febram Yulkhairil berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 8 detik. Dalam waktu satu jam, dia berhasil menjadi yang tercepat pada kategori yang melombakan 500 meter renang, 10 km bersepeda dan 5 km lari.

Rhino Cross Triathlon melombakan dua kategori yaitu Rhino dan Bull. Rhino melombakan 1 km renang, 20 km berspeda dan 10 km lari.Rhino Cross Triathlon sudah berlangsung selama tiga tahun berturut-turut.

"Lewat Festival Tanjung Lesung, kami akan menunjukkan kepada masyarakat kalau Tanjung Lesung dan Banten pada umumnya sudah aman," ujar Managing Director PT Banten West Java, Rully Lasahido.

Untuk penyelenggaraan Rhino Cross Triathlon tahun ini, peserta memang berkurang. Selain karena masih ada pengaruh dari Tsunami tahun lalu, banyak peserta juga yang bentrok dengan kejuaraan lari yang lain.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap

Hasil Lengkap Rhino Cross Triathon

Kategori Rhino

Men Open:

1. Frans Watopa ( Jepara Team)

2. Ady Akhmad Jukarti (Mahkota Triathlon)

3. M Taufik (Or_Endurance)

4. Jung Kie (Bangka Triathlon Club)

5. Deddy Risdianto 

 

Men Master

1. Oky Rahmat (Or Endurance Herbalife)

2. Suwito Giat (Ortisegihteam)

3. Karnadi 

4. Solihin

5. Jasper Bouman

 

Kategori Bull (500 meter renang, bersepeda 10 km, lari 5 km)

Men Open

1. Febram Yulkhairil

2. Edwar Supriyanto

3. Leorudolf Zeca

4. Jhony YipWang

5. Advis Akbari

 

Men Master

1. Tjenantonio Chandra

2. Arief Lubis

3. Susanto

4. Liesenjayahonggo Linando

5. Rendy Hassan

Lanjutkan Membaca ↓
Keren, Game MotoGP 20 Terlihat Nyata dan Realistis