3 Fakta Menarik Atletico Madrid vs Real Madrid

Oleh Ario Yosia pada 28 Sep 2019, 18:35 WIB
Diperbarui 28 Sep 2019, 18:35 WIB
Atletico Madrid vs Real Madrid
Perbesar
Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak berusaha menghalau bola tendangan pemain Real Madrid, Marcos Llorente selama laga International Champions Cup 2019 di Arena Stadium Metlife, New Jersey (27/7/2019) (AP Photo/Frank Franklin II)

Madrid - Atletico Madrid akan menjamu Real Madridpada pekan ketujuh La Liga 2019-20, di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (29/9/2019) dini hari WIB. Salah satu tim yang menang pada pertandingan ini berpeluang melesat ke puncak klasemen.

Saat ini, Real Madrid memuncaki klasemen sementara La Liga dengan perolehan 14 poin. Sementara itu, Atletico Madrid menempati posisi ketiga, tertinggal satu poin dari El Real.

Tengah pekan lalu, kedua tim meraih tiga poin penuh pada lanjutan La Liga. Los Colchoneros menaklukan Real Mallorca sedangkan El Real menundukan Osasuna. Kedua tim sama-sama meraih kemenangan dua gol tanpa balas.

Aroma persaingan kedua tim ibu kota Spanyol dalam menggapai trofi La Liga menambah panas El Derbi Madrileno. Berikut beberapa fakta menarik jelang duel Atletico Madrid vs Real Madrid yang disadur dari Sportskeeda:

2 dari 4 halaman

Duel pemain bintang yang melempem, Saul Niguez dan Eden Hazard

Selebrasi Eden Hazard Setelah Cetak Gol Perdana di Real Madrid
Perbesar
Gelandang Real Madrid, Eden Hazard saat bertanding melawan klub Austria, Red Bull Salzburg pada laga persahabatan di Red Bull Arena, Austria (8/8/2019). Real Madrid menang tipis atas Red Bull Salzburg 1-0. (AFP Photo/Christof Stache)

Saul Niguez dan Eden Hazard menjadi sorotan pada laga kali ini. Kedua pemain masih belum dapat menunjukan performa yang gemilang kala membela klubnya masing-masing. Laga ini menjadi pembuktian, siapakah yang mampu keluar dari keterpurukan setelah melalui enam pekan La Liga?

Saul Niguez tampil mengesankan sepanjang musim lalu. Saul memegang peran penting untuk mengawal lini tengah Atletico Madrid. Namun, penampilannya saat ini mulai menurun. Saul merasa sulit untuk disandingkan dengan gelandang top di dunia.

Saat melawan Real Madrid menjadi kesempatan Saul untuk menunjukkan bahwa dirinya mampu disandingkan dengan gelandang top lainnya, seperti Luka Modric, Toni Kroos, dan Isco.

Musim panas ini, Real Madrid mendatangkan Eden Hazard dari Chelsea dengan mahar 100 juta euro. Bomber Belgia tersebut digadang-gadang menjadi penerus Cristiano Ronaldo di Real Madrid.

Namun, Hazard dinilai masih sulit beradaptasi bersama skuat Los Blancos. Dari tiga laga yang dilakoni Hazard di semua kompetisi, Hazard sama sekali belum bisa mencetak satu gol.

Tekanan besar dari fans menjadi salah satu faktor melempemnya permainan Hazard. Laga melawan Atletico menjadi kesempatan Hazard untuk menunjukan diri bahwa dirinya mampu bermain baik bersama El Real.

3 dari 4 halaman

Duel pemain muda, Joao Felix dan Vinicius Junior

Atletico Madrid Vs Juventus
Perbesar
Gelandang Atletico Madrid, Joao Felix, melepaskan tendangan ke gawang Juventus pada laga Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Rabu (18/9/2019). Kedua tim bermain imbang 2-2. (AP/Bernat Armangue)

Pertemuan dua anak muda, Joao Felix dan Vinicius Junior sangat menarik untuk ditunggu. Kedua pemain diprediksi akan menjadi andalan klubnya masing-masing. Total ratusan juta euro dikeluarkan Real Madrid dan Atletico Madrid untuk mendapatkan servis kedua pemain tersebut.

Setelah ditinggal Antoine Griezmann yang hijrah ke Barcelona, Atletico Madrid langsung mendatangkan pemain muda potensial, Joao Felix, dari Benfica dengan mahar 127 juta euro atau sekitar 2 triliun rupiah.

Pembelian Joao Felix menjadi rekor transfer klub sepanjang sejarah. Dari 43 pertandingan yang dilalui, Joao Felix telah mencetak 20 gol untuk Benfica sepanjang musim lalu.

Kini, Joao Felix sudah mencetak dua gol dari tujuh penampilan di semua kompetisi sekaligus menjadi top scorer klub.

Vinicius Junior menjadi pemain muda Real Madrid yang menjadi sorotan musim lalu. Bomber muda Brasil tersebut didatangkan dari Flamengo dengan mahar 46 juta euro atau sekitar 1 triliun rupiah.

Sebelum bermain di skuat utama, Vinicius telah tampil sebanyak lima kali dan mencetak empat gol bersama Real Madrid Castilla. Setelah disekolahkan ke tim Castilla, Vinicius telah tampil sebanyak enam kali dan mencetak sebiji gol di tim senior.

4 dari 4 halaman

Rekor Pertemuan

Atletico Madrid vs Real Madrid
Perbesar
Gelandang Atletico Madrid, Joao Felix menggiring bola dari kejaran bek Real Madrid, Marcelo selama laga International Champions Cup 2019 di Arena Stadium Metlife, New Jersey (27/7/2019). (AFP Photo/Johannes Eisele)

Kedua tim telah bertemu sebanyak 223 kali. Dari 223 kali pertemuan, Real Madrid unggul dengan raihan 110 kali kemenangan, sedangkan Atletico Madrid hanya meraih 57 kemenangan, dan 56 laga sisa berakhir imbang.

Jika melihat dari tiga pertemuan terakhir di kompetisi resmi, kedua tim sama-sama imbang dengan meraih satu kali kemenangan, satu kali hasil imbang dan satu kali kekalahan.

Sebelum musim reguler dimulai, Atletico sempat menghajar Real Madrid di International Champions Cup yang diselenggarakan di Amerika Serikat.

Pada laga tersebut, Atletico sempat unggul enam gol hingga menit ke-51, sebelum El Real mencetak gol pertamanya melalui Nacho pada menit ke-59. Sebelum laga berakhir, Atletico Madrid sempat menambah satu gol sebelum Real Madrid menipiskan margin. Real Madrid harus mengakui keunggulan Atletico dengan skor 3-7. (Tegar Juel)

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Tegar Juel / Ario Yosia)

Lanjutkan Membaca ↓