Zaenal Fanani Puas Taklukkan Medan Berat Rhino Mountain Bike XCM Tanjung Lesung

Oleh Defri Saefullah pada 28 Sep 2019, 13:20 WIB
Diperbarui 28 Sep 2019, 20:48 WIB
Zainal Fanani

Liputan6.com, Pandeglang- Atlet nasional sepeda gunung, Zaenal Fanani berhasil menjadi juara pada lomba Mountain Bike Cross Country Marathon (XCM) yang berlangsung di Tanjung Lesung, Sabtu (28/9/2019). MBXCM sendiri merupakan bagian dari Festival Tanjung Lesung yang sudah dihelat Jumat kemarin.

Balap sepeda gunung cross country marathon ini juga menjadi ajang pemanasan bagi para peserta yang akan ikut Rhino Cross Triathlon, lomba tiga cabang olahraga yaitu renang, bersepeda dan lari di Tanjung Lesung, Minggu (29/9/2019). Ini menjadi pemuncak Festival Tanjung Lesung.

Zaenal Fanani merupakan atlet nasional yang sedang mengikuti pelatnas sepeda gunung untuk persiapan SEA Games 2019 Filipina November mendatang.

Meski trek Tanjung Lesung berbeda dengan yang dilombakan di Filipina nanti, Zainal mengaku tetap puas bisa menaklukkan medan berat Mountain Bike XCM sejauh 50 km. Dia mencatatkan waktu 2 jam 3 menit 51 detik.

"Kuncinya ada di konsistensi. Walaupun trek lebih panjang 8 km, saya senang bisa menaklukkan medan berat di Tanjung Lesung," katanya.

"Saat ini saya sedang pelatnas di Jakarta. Masih ada dua kejuaraan lagi setelah kejuaraan di Tanjung Lesung untuk diikuti. Meski trek di sini berbeda dibandingkan SEA Games, tapi saya tetap serius kejar medali juara di Tanjung Lesung."

 

2 dari 3 halaman

Pemenang Lain

Zainal Fanani
Zainal Fanani menjadi pemenang di Mountain Bike XCM di Tanjung Lesung (dok: Vox Populi)

Fanani berasal dari Thrill Factory Racing. Dia juga memenangkan lomba yang sama di tahun lalu. "Trek paling sulit tahun ini ada di km 25 dan 32," ujarnya.

Dia mendapatkan persaingan ketat dari Rafika M Farishi yang finis dengan catatan waktu 2 jam 6 menit 17 detik.

Farishi juga atlet nasional yang tergabung dalam A8 Batik Team. Sedangkan posisi ketiga dihuni Chandra Rafsanjani dengan catatan waktu 2 jam 10 menit 11 detik.

"Yang diumumkan itu 5 besar. Marshall akan mengecek check point untuk mengumumkan official result. Nanti juga akan diverifikasi lagi apakah ada pembalap yang motong jalan atau tidak," kata match director, Tense Manalu.

Rhino Mountain Bike XCM melombakan empat kategori yaitu Women Open, Men Open, Men Junior dan Men Master. Ada lima pemenang yang akan naik podium dan mendapatkan medali. Peserta yang tidak melewati waktu cut off juga akan mendapatkan medali sebagai bukti finis (finisher medal)

 

Para Juara Mountain Bike XCM)

Men Open

1. Zaenal Fanani (Thrill Factory)

2. Rafika Mokhamad Farisi (A8 Batik Team)

3. Chandra Rafsanjani (Mutiara Hitam)

4. Sugianto (Focus Racing Team)

5. Ihza Muhammad (Jakarta Family)

 

Women Open:

1. Selvi Oktaviasari ( Mutiara Hitam)

2. Noviana (Team Batik Air Racing Team)

3. Rohidah (The Bully Racing Team)

4. Novia Dwi Sapitri (ISSI Jabar)

5. Supi Siti Khalifah (The Bully Racing Team)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Pakai Alat Ini, Lari Bisa 10 Persen Lebih Cepat