FIFA Sudah Atur Gelar Pemain Terbaik untuk Lionel Messi?

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 26 Sep 2019, 15:55 WIB
Diperbarui 28 Sep 2019, 15:13 WIB
Lionel Messi Pemain Terbaik FIFA 2019

Liputan6.com, Turin - Bintang Barcelona, Lionel Messi memenangkan gelar Pemain Terbaik FIFA 2019. Dia mengalahkan bek Liverpool, Virgil van Dijk dan penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Kemenangan Lionel Messi itu sedikit berbau kontroversial. Media Italia, Football Italia dan Tuttosport memberitakan, gelar Pemain Terbaik FIFA memang sudah diatur untuk pemain Timnas Argentina tersebut.

Dua media Italia itu menjabarkan ada penggelembungan suara yang dilakukan FIFA untuk Messi. Tuttosport, media Italia yang berbasis di Turin, juga membuka pilihan pelatih Timnas Sudan, Zdravko Lugarosic.

Dalam penjabaran Tuttosport, Lugarosic menempatkan Mohamed Salah di posisi teratas. Kemudian Lugarosic juga memilih Sadio Mane dan Kylian Mbappe untuk tempat kedua dan ketiga.

Namun, yang ada di dalam daftar FIFA malah berbeda. Lugarosic malah menempatkan Lionel Messi di posisi pertama, kemudian dua bintang Liverpool, Virgil van Dijk dan Sadio Mane.

 

2 of 3

Ronaldo Tidak Datang

Juventus Kalahkan AC Milan
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo. (AP Photo)

Dugaan pengaturan pemenang Pemain Terbaik FIFA sudah tercium dengan ketidakhadiran Cristiano Ronaldo. Padahal, acara penghargaan berlangsung di Milan, Selasa (24/9/2019), hanya berjarak 150 kilometer dari tempat tinggal Ronaldo di Turin.

Seperti dilaporkan oleh Marca, FIFA memberi respons negatif setelah Cristiano Ronaldo membatalkan secara sepihak. Padahal, sejak pukul 15.00 waktu setempat, para petinggi FIFA telah menanti-nanti kedatangan megabintang asal Portugal.

Menurut FIFA, itu akan menjadi acata fantastis dengan mendatangkan kandidat, yakni Virgil van Dijk, Cristiano Ronaldo, dan Lionel Messi yang akhirnya memenangkan pernghargaan.

Menjelang acara dimulai, pesepak bola telah berdatangan, baik itu pemain Barcelona hingga Real Madrid. Kiper El Barca, Ter Stegan tetap hadir meskipun tak mendapatkan penghargaan apa pun.

Setelah pukul 19.00 waktu setempat, staf FIFA mendapat kabar bahwa kondisi Cristiano Ronaldo sedang kurang sehat. Striker bernomor punggung 7 itu memang absen saat Juventus menghadapi Brescia di Stadion Mario Rigamonti, Rabu (25/9/2019) dini hari WIB.

 

3 of 3

Gelar Pertama Messi

Bagi Lionel Messi, gelar Pemain Terbaik FIFA menjadi penghargaan pertamanya. Dari empat penghargaan sebelumnya, Messi kalah dari Cristiano Ronaldo yang sudah memenangkannya hingga dua kali dan Luka Modric.

Pada tahun ini, Messi mengumpulkan 46 poin. Dia mengalahkan Virgil van Dijk (38 poin) dan Cristiano Ronaldo (36 poin).

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by