Bos Mercedes Komentari Sukses Ferrari di F1 GP Singapura

Oleh Hesti Puji Lestari pada 25 Sep 2019, 07:45 WIB
Mercedes F1 - Toto Wolff

Singapura - Toto Wolff mengaku tidak percaya dengan rumor yang menyebut Ferrari membawa sejumlah komponen spesial pada perhelatan F1 GP Singapura, Minggu (22/9/2019). Menurut kepala tim Mercedes-AMG Petronas itu, pembalap Ferrari hanya pandai memanfaatkan paket yang telah diberikan tim.

"Saya yakin, kebangkitan Ferrari di Singapura tidak terkait dengan peningkatan apapun. Ini bukan tentang upgrade, ini tentang keberhasilan pembalap melakukan yang terbaik dengan paket yang telah diberikan," ujar Wolff seperti dilansir dari Motorsport, Selasa (24/9/2019).

Sebelumnya, Ferrari disebut membawa upgrade menakjubkan pada F1 GP Singapura. Tim asal Italia itu dikabarkan menambahkan new floor, diffuser, rear wing, dan nose baru pada Ferrari SF90.

Kondisi itu diyakini menjadi alasan suksesnya dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, pada gelaran F1 akhir pekan kemarin. Sebastian Vettel dan Leclerc mendominasi tiga besar klasemen F1 Singapura dengan finis di posisi satu dan dua.

Keduanya berhasil mencundangi pembalap andalan Mercedes-AMG, Lewis Hamilton, yang hanya finis di posisi empat. Pembalap asal Inggris itu memiliki selisih waktu 4.608 detik dari Sebastian Vettel.

Namun rumor tersebut dibantah oleh bos Mercedes, Toto Wolf. Itu artinya, ia belum akan mengabulkan permintaan Lewis Hamilton jika nantinya rider berusia 34 tahun itu meminta upgrade komponen jelang F1 GP Rusia, Minggu (29/9/2019).

2 of 2

Upgrade Ferrari

Sebastian Vettel Juarai Formula 1 Grand Prix Singapura
Pembalap Ferrari Sebastian Vettel berselebrasi di podium setelah memenangkan balapan Formula Satu (F1) Grand Prix Singapura di Sirkuit Jalan Marina Bay, Singapura (22/9/2019). Vettel berhasil menjuarai balapan dengan catatan waktu 1 jam:58menit:33.667 detik. (AP Photo/Vincent Thian)

Meski tidak begitu signifikan, Ferrari disebut membawa upgrade baru pada F1 GP Singapura akhir pekan kemarin. Melansir dari sumber yang sama, tim asal Italia itu melakukan penambahan downforce yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Upgrade dari komponen aerodinamis tersebut memungkinkan mobil melaju lebih cepat di tikungan. Seperti diketahui, trek Singapura disebut berliku-liku dan memiliki 21 tikungan. Pembaharuan yang dilakukan tentu membawa dampak positif bagi Ferrari.

Dengan upgrade downforce yang dilakukan, tak berlebihan jika Ferrari berhasil menang telak di Sirkuit Marina Bay akhir pekan kemarin.

Sumber: Motorsport

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari / Editor Aditya Wicaksono, Published 24/09/2019)

Lanjutkan Membaca ↓