Prediksi PSIS vs Persebaya: Habis-habisan di Moch Soebroto

Oleh Vincentius AtmajaAditya Wany pada 20 Sep 2019, 10:35 WIB
PSIS Semarang Vs Persebaya Surabaya

Semarang - Laga klasik tersaji dalam pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 saat PSIS Semarang menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jumat (20/9/2019). Duel ini dijamin berlangsung sengit.

Pertarungan PSIS Semarang kontra [Persebaya](https://www.liputan6.com/tag/persebaya-surabaya "") diselimuti gengsi sebagai dua tim legendaris sejak era Perserikatan. Selain itu, masih terpatri dalam ingatan PSIS berhasil melibas Persebaya dalam partai final Liga Indonesia 1999, dan membuat Mahesa Jenar juara.

Sementara dalam tiga pertemuan terakhir, kedua tim berbagi hasil. Di Liga 1 2018, PSIS dan Persebaya saling mengalahkan. PSIS menang 1-0 melalui gol Komarodin pada (22/7/2018).

Persebaya membalasnya pada pertemuan kedua di Surabaya dengan skor identik, 1-0 (8/12/2018). Dalam duel terakhir, PSIS menahan Persebaya di Gelora Bung Tomo 1-1 (30/5/2019).

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengakui pertemuan melawan Persebaya berbalut sejarah. Yoyok juga menyebut laga kontra Persebaya kerap beraroma gengsi, sehingga PSIS wajib menang.

"Ini laga sarat gengsi, dengan sejarah panjang pertemuan kedua tim. Untuk laga ini, kami harus menang, apa pun kondisinya. Jangan jadikan laga ini tanpa penonton untuk tidak bisa tampil maksimal," ujar Yoyok Sukawi.

Duel kali ini diprediksi makin menghibur karena PSIS dan Persebaya sama-sama melakukan perombakan di bursa paruh musim, terutama di sektor pemain asing.

Satu di antara pemain tim tuan rumah yang paling dinantikan penampilannya dalam laga ini adalah striker Bruno Silva. Laga menjamu Persebaya bakal jadi debutnya di Liga 1 2019 mengingat ia baru direkrut kembali pada bursa transfer paruh musim.

"Bruno sebenarnya tidak terlalu fit, tapi yang pasti kami perlu dia. Perlu saya tunggu kesiapannya sampai menjelang pertandingan lawan Persebaya. Juga saya koordinasikan dengan pelatih fisik. Harapannya, dia bisa main dan tampil maksimal," kata Bambang Nurdiansyah, pelatih PSIS Semarang.

2 of 3

Target Mencuri Poin

Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, Osvaldo Haay, Shopee Liga 1
Penyerang sayap Persebaya, Osvaldo Haay, berusaha melewati adangan pemain PSIS Semarang dalam pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis malam (30/5/2019) (Bola.com/Aditya Wany)

Di sisi lain, Persebaya datang ke markas PSIS Semarang masih tanpa sosok pelatih kepala. Alfred Riedl yang ditunjuk sebagai pelatih baru, belum juga datang ke Surabaya. Tim Bajul Ijo bakal ditemani oleh duo asisten pelatih, Wolfgang Pikal dan Bejo Sugiantoro.

Namun, lantaran Pikal kemungkinan masih belum sah menjadi asisten pelatih saat  pertandinga, hanya Bejo yang akan menemani pemain Bajul Ijo duduk di bench selama pertandingan. 

Kehadiran Bruno Silva sebagai pemain baru PSIS membuat Persebaya cukup waswas. Dia diprediksi akan tampil bersama Hari Nur Yulianto dan Claudir Marini dalam trisula lini depan Laskar Mahesa Jenar.

Persebaya beruntung bisa menurunkan kekuatan penuh dalam pertandingan ini. Tak ada pemain Bajul Ijo yang terkena kartu atau mengalami cedera. Hal itu menjadi sinyal positif untuk meredam lini depan PSIS.

"Kami berusaha mencuri poin seperti setiap tim bila bermain di luar kandang. Kami menghormati PSIS. PSIS kedatangan pemain bagus, dan kami ingin mencuri poin di pertandingan. Semua 18 pemain yang dibawa ke Magelang siap ditampilkan," kata Bejo.

Persebaya bakal menurunkan dua pemain asing yang baru saja direkrut dalam laga ini. Keduanya adalah Diogo Campos (Brasil) dan Aryn Williams (Australia). Penampilan keduanya di lini tengah sangat diharapkan membantu meningkatkan kinerja Persebaya.

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Rio Saputro, Safrudin Tahar (belakang); Heru Setyawan, Septian David Maulana, Bayu Nugroho (tengah); Jonathan Cantillana, Hari Nur Yulianto, Bruno Silva (depan)

Pelatih: Bambang Nurdiansyah

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Aryn Williams, Misbakus Solikin, Diogo Campos (tengah); Irfan Jaya, David da Silva, Osvaldo Haay (depan)

Asisten Pelatih: Bejo Sugiantoro

Lanjutkan Membaca ↓