Johann Zarco Resmi Tinggalkan KTM Mulai MotoGP Aragon

Oleh Hesti Puji Lestari pada 18 Sep 2019, 16:38 WIB
Johann Zarco

Jakarta Johan Zarco tidak lagi menyandang status sebagai rider KTM mulai MotoGP Aragon di Spanyol, Minggu (22/9/2019). Posisinya bakal digantikan oleh rider Finalndia, Mika Kallio.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur KTM Motosport, Pit Breier, beberapa waktu lalu. Kallio selanjutnya akan mewakil tim pabrikan asal Austria di sisa seri MotoGP musim ini.

"Kami telah membuat keputusan tentang memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik mungkin dan benar-benar mengambil langkah positif untuk perkembangan tim," ujar Breier seperti dilansir dari Tuttomotoriweb, Rabu (18/9/2019).

"Kami yakin Mika dapat membantu kami menemukan arah baru di sisa seri musim ini. Ia bukan orang asing di KTM. Mika memiliki pengetahuan lebih tentang motor KTM RC16," tambahnya.

Komentar Breier tersebut seolah menjawab teka-teki perihal waktu hengkangnya Johann Zarco dari KTM. Sebelumnya, beberapa pengamat mengklaim rider berusia 29 tahun itu baru akan pergi setelah kontraknya habis, yakni pada tahun 2020.

Namun, KTM memutuskan masa depan Zarco dengan lebih cepat. Laporan tersebut menulis rider asal Prancis itu bisa keluar dari tim pada akhir 2019.

Seperti diketahui, Johann Zarco pamit undur diri dari KTM sejak berakhirnya MotoGP Austria di Sirkut Red Bull Ring pada Minggu (11/8/2019). Zarco disebut tidak betah bersama KTM.

 

2 of 2

Masa Depan Belum Jelas

Pembalap KTM, Johann Zarco
Pembalap KTM, Johann Zarco. (AFP/Jean-Francois Monier)

Melansir dari sumber yang sama, Johann Zarco mengaku lega bisa keluar dari tim yang baru ia bela sejak awal musim 2019 itu. Meski demikian, sampai saat ini, masa depannya di MotoGP masih belum jelas.

Semua kursi, baik di tim pabrikan ataupun tim satelit, sudah penuh. Artinya, tak ada tempat lagi untuk Zarco di kompetisi balap motor paling bergengsi di dunia itu musim depan.

Namun, Zarco masih memiliki beberapa kesempatan lain untuk melanjutkan kariernya. Ia bisa turun kasta ke Moto2 atau menjadi test rider untuk tim yang membutuhkan jasanya. Sejauh ini, Yamaha disebut menjadi satu-satunya tim yang menawarkan kesempatan itu.

Sumber Asli: Tuttomotoriweb

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari, Editor Wiwig Prayugi, Published 18/9/2019).

Lanjutkan Membaca ↓