Barcelona Temukan Tiga Gelandang Ideal di Formasi 4-3-3

Oleh Liputan6.com pada 15 Sep 2019, 17:50 WIB
Barcelona Vs Valencia

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona menang telak 5-2 atas Valencia pada lanjutan La Liga 2019-2020 yang berlangsung di Camp Nou, Minggu (15/9/2019) dini hari WIB. Tak hanya kemenangan yang membuat pelatih Barcelona, Ernesto Valverde gembira.

Namun dia sudah menemukan tiga gelandang ideal yang dijadikannya starter di formasi 4-3-3 Barcelona.

Bermain di Camp Nou, Barca tampil agresif sejak menit awal. Skor 5-2 sudah cukup membuktikan intensitas permainan Barca. Frenkie de Jong merupakan salah satu pemain terbaik pada pertandingan tersebut yang membantu Barca unggul cepat.

Kemenangan ini penting bagi Barca yang mengawali La Liga 2019/20 dengan hasil yang kurang maksimal. Ernesto Valverde yakin kemenangan ini bakal menjaga semangat skuad Barca untuk laga-laga penting berikutnya.

Velverde boleh optimistis karena ritme permainan Barcelona yang mulai berjalan baik.

 

 

2 of 3

Pertanyaan Besar

Barcelona Vs Valencia
Penyerang Barcelona, Ansu Fati, berusaha melewati bek Valencia, Ezequiel Garay, pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (14/9). Barcelona menang 5-2 atas Valencia. (AP/Joan Monfort)

Sejak awal musim, Marca mengklaim Valverde harus menjawab pertanyaan besar tentang formasi inti Barcelona. Salah satunya adalah tentang barisan gelandang yang seharusnya dipilih Valverde.

Betapa tidak, saat ini ada tujuh gelandang yang siap bermain di Barcelona - dengan kemampuan yang tidak jauh berbeda. Masalahnya, hanya ada tiga tempat dalam formasi 4-3-3 pilihan Valverde.

Ada Frenkie de Jong, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arthur Melo, Carles Alena, Sergi Roberto, dan Arturo Vidal. Valverde harus memilih tiga nama yang bisa menunjukkan kombinasi terbaik.

Sejak awal musim, Valverde masih terus mengutak-atik kombinasi tersebut. Di antara sejumlah pilihan itu, hampir selalu ada nama De Jong yang terselip.

3 of 3

De Jong-Busquets-Arthur

Kini, kemenangan atas Valencia dini hari tadi seakan-akan mengangkat sebagian beban di pundak Valverde. Duet De Jong dengan Arthur di lini tengah terbukti sangat baik, dengan Busquets sebagai perekat yang menyatukan.

Terbukti, De Jong berkontribusi langsung dengan satu assists dan satu gol. Dia bisa tampil lebih bebas karena mengandalkan Arthur di lini tengah. De Jong bermain dalam peran yang seharusnya.

Lalu, ada pengalaman Busquets yang menyatukan dua pemain muda itu. Busquets tetap menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik, yang menghubungkan Arthur dengan De Jong.

Trio gelandang Barcelona siap menatap musim panjang.

Sumber: Marca

Disadur dari Bola.net (Richard Andreas, published 14/9/2019)

Lanjutkan Membaca ↓