Duel Antarlini Tira Persikabo Vs Persib: Pertahanan Keropos

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 14 Sep 2019, 11:20 WIB
Tira Persikabo vs Persib Bandung

Jakarta Tira Persikabo kedatangan Persib Bandung dalam laga pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (14/9/2019) malam WIB. Kedua tim sama-sama menargetkan poin penuh di laga kali ini.

Tira Persikabo saat ini masih berada di papan atas klasemen Liga 1 2019 dengan menempati peringkat kedua. Hasil imbang yang diraih Bali United saat menghadapi Bhayangkara FC, Jumat (13/9/2019), menjadi motivasi bagi tim asuhan Rahmad Darmawan untuk memperkecil jarak poin.

Selain itu Tira Persikabo juga baru satu kali mengalami kekalahan di Stadion Pakansari sepanjang menjalani Liga 1 2019. Ciro Alves dkk. tentu tak ingin menambah daftar kekalahan mereka saat harus menjamu Persib Bandung.

Sementara itu, Maung Bandung datang ke Bogor dengan tekad kuat. Kemenangan atas PSS Sleman dalam pertandingan terakhir menjadi pelecut bagi Persib Bandung untuk kembali meraih kemenangan. Apalagi ribuan bobotoh akan hadir di Bogor untuk memberikan dukungan.

Persib butuh kemenangan atas Tira Persikabo. Dalam dua pertemuan antara kedua tim pada tahun ini, satu di fase grup Piala Presiden 2019, dan satu lagi di putaran pertama Liga 1 2019, berakhir lebih positif bagi Tira Persikabo. Persib belum menang atas tim asuhan Rahmad Darmawan itu.

Baik Rahmad Darmawan maupun Robert Alberts tentu sudah meracik strategi masing-masing tim untuk meraih hasil positif. Pemain-pemain terbaik Tira Persikabo dan Persib Bandung akan bertarung maksimal dalam laga ini.

2 of 4

Catatan Kurang Apik di Lini Pertahanan Kedua Tim

Piala Indonesia 2019 : Tira Persikabo Vs Kalteng Putra
Gelandang Kalteng Putra, Hedipo Gustavo, berebut bola dengan pemain Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (26/7). Tira Persikabo menang 5-2 atas Kalteng. (Bola.com/Yoppy Renato)

Tira Persikabo boleh menjadi tim papan atas Liga 1 2019 dengan catatan impresif sembilan kali menang, enam kali bermain imbang, dan hanya dua kali kalah. Namun, catatan itu tak bisa membohongi kenyataan bahwa gawang mereka sudah 26 kali bobol dalam 17 laga.

Jelas catatan itu tak berbeda jauh dengan Persib Bandung yang sudah kebobolan 25 kali dalam 17 laga. Satu yang membedakan, Persib masih berada di peringkat ke-11 karena hanya meraih empat kemenangan, tujuh hasil imbang, dan enam kali kalah.

Bicara soal pertahanan untuk menghadapi Persib Bandung, Tira Persikabo tampaknya akan kembali memberikan kepercayaan kepada Angga Saputro di bawah mistar gawang, di mana sang penjaga gawang baru kembali setelah memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

Sementara untuk membantunya, Andy Setyo Nugroho dan Khurshed Beknazarov layak untuk kembali mengawal pusat pertahanan, dibantu Abduh Lestaluhu dan Rifad Marasabessy di sisi sayap pertahanan.

Beralih ke Persib Bandung, Made Wirawan tampaknya masih akan jadi pilihan utama Robert Alberts untuk posisi di bawah mistar gawang. Achmad Jufriyanto dan pemain asing baru Persib, Nick Kuipers, akan ada di pusat pertahanan, didukung Supardi Nasir dan Henhen Herdiana di sisi sayap.

 

3 of 4

Motor Serangan di Lini Tengah

FOTO: Sempat Tertinggal, Arema Bangkit Imbangi Persib di Bandung
Gelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra, beradu cepat dengan bek Arema Malang, Arthur Cunha, pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (18/2). Persib bermain imbang 1-1 melawan Arema. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

 

Harus diakui baik Tira Persikabo dan Persib Bandung memang sama-sama mengandalkan lini tengah untuk bisa mengatur ritme jalannya pertandingan. Perbedaannya, Rahmad Darmawan kerap mempercayakan tiga pemain untuk mengawal lini tengah, sementara Persib baru-baru ini mencoba untuk memainkan empat pemain di lini tengah.

Tira Persikabo memiliki Manahati Lestusen untuk menjadi jangkar permainan. Louis Parfait dan Ciro Alves yang memiliki permainan kreatif dan kecepatan menjadi andalan untuk membantu lini serang tim asuhan Rahmad Darmawan itu. Bahkan Ciro Alves menjadi pemain paling tajam di skuat Tira Persikabo dengan koleksi 11 gol hingga sejauh ini.

Sementara Persib Bandung kemungkinan besar akan memaksimalkan Abdul Aziz Lutfi Akbar dan pemain asing baru, Omid Nazari di pusat permainan. Esteban Vizcarra dan Ghozali Siregar yang terkenal memiliki kecepatan dan kreativitias akan menjadi motor serangan Maung Bandung di lini tengah.

 

4 of 4

Tira Persikabo Tajam di Depan, Persib Butuh Adaptasi

Tira Persikabo Vs Persija Jakarta
Pemain Tira Persikabo merayakan gol ke gawang Persija Jakarta di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (16/7/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Tira Persikabo hingga awal putaran kedua Liga 1 2019 ini masih menjadi tim paling produktif. 38 gol sudah dicetak tim asuhan Rahmad Darmawan itu dan menjadi yang terbanyak dari 18 tim yang ada di Liga 1 2019.

Ciro Alves, Loris Arnaud, dan Wawan Febrianto memang tercatat ada di daftar pencetak gol papan atas. Ciro sejauh ini sudah mengemas 11 gol, sementara Loris Arnaud mencetak tujuh gol, dan Wawan mencetak enam gol.

Tapi jangan lupakan Osas Saha, pemain yang menjadi andalan di sektor sayap serangan Tira Persikabo, menjadi penyeimbang sisi sayap lain yang diisi Wawan Febrianto. Pemain naturalisasi yang baru saja kembali dari panggilan Timnas Indonesia ini juga punya ketajaman yang tidak boleh diremehkan ketika berada di bawah asuhan Rahmad Darmawan.

Sementara itu, Persib Bandung baru mengemas 18 gol, seperti halnya PSM Makassar, dan berada di posisi enam terbawah dalam produktivitas gol. Ezechiel N'douassel yang musim lalu bersaing di papan atas daftar pencetak gol terbanyak hingga kini belum terlihat tajam.

Bahkan dalam laga kontra Tira Persikabo ini, Persib terancam tidak bisa menggunakan pemain asal Chad itu karena baru kembali dari tugas internasional membela tim nasionalnya. Praktis Persib mengandalkan pemain asing baru, Kevin van Kippersluis.

Disadur dari Bola.com (Penulis Benediktur Gerendo/ Editor Aning Jati)

Lanjutkan Membaca ↓