Sukses

Melatih Real Madrid Jadi Pengalaman Terbaik Jose Mourinho

Pelatih asal Portugal, Jose Mourinho, pernah tiga musim menangani Real Madrid yakni pada periode 2010-2013.

Liputan6.com, Madrid - Jose Mourinho menggambarkan momen menangani Real Madrid sebagai pengalaman terbaik dalam kariernya sebagai pelatih. Mourinho diketahui tiga musim melatih Los Blancos.

Pelatih asal Portugal itu menukangi Real Madrid pada periode 2010-2013. Prestasi terbaiknya adalah merebut gelar juara La Liga 2011-2012.

Mourinho membuat Real Madrid meraih 128 kemenangan dalam 178 pertandingannya. Selain itu, dia juga memenangkan Copa del Rey pada 2011 dan Supercopa Spanyol pada tahun berikutnya.

"Real Madrid adalah pengalaman terbaik saya, karena apa yang saya pelajari sebagai Pelatih, sebagai seorang pria, untuk pelajaran yang saya ambil dalam karier dan dalam hidup saya," jelas Mourinho.

"Ini adalah kenangan terbaik dalam karir saya, itu fantastis," ucap Mourinho kepada TV Portugal, seperti dikutip oleh Marca.

Dia diberi tugas untuk menghentikan dominasi Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola. Mourinho merasa berhasil tidak membuat Barcelona menghancurkan Real Madrid.

"Apa yang mereka minta di Real Madrid sesuai dengan sifat saya. Mereka mengatakan kepada saya bahwa kami memiliki tim terbaik di dunia, di sisi lain ada Barcelona, bahwa mereka menghancurkan kami dan kami harus membalikkan keadaan," ungkap eks pelatih Inter Milan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pencapaian Terbaik

Namun, Mourinho menyayangkan Real Madrid hanya melangkah sampai semifinal dalam tiga musim beruntun kala dia berada di sana. Meski begitu, Mourinho menilai itu pencapaian terbaik, mengingat Barcelona saat itu sedang menguasai dunia.

"Kami harus mencegah Barcelona menghancurkan kami dan itulah sebabnya final Copa del Rey di Mestalla adalah yang paling penting. Dari sana tidak ada yang sama," terangnya.

3 dari 3 halaman

3 Semifinal

"Kami memenangkan La Liga, Piala Super, tetapi tidak ada yang seperti final Copa del Rey dan saya sayangnya gagal memenangkan tiga semi final Liga Champions," tutur Mourinho.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.