Sukses

Atlet Jetski Indonesia Aqsa Sutan Aswar Juara di Amerika Serikat

Hebatnya gelar yang diraih Aqsa ini didapat di kelas tertinggi yang dipertandingkan yakni kelas Pro Endurance 300.

Liputan6.com, Florida- Atlet jetski andalan Indonesia, Aqsa Sutan Aswar kembali meraih hasil membanggakan. Aqsa berhasil menjuarai kejuaraan P1 Aquacross round-4 di Pensacola Beach, Florida, Amerika Serikat pada 7-8 September 2019.

Yang lebih membanggakan, gelar yang diraih Aqsa ini didapat di kelas tertinggi yang dipertandingkan yakni kelas Pro Endurance 300. Di kejuaraan internasional ini Aqsa turun bersama Aero, kakaknya di bawah bendera Tim Jetski Indonesia PP. IJBA.

Kejuaraan P1 Aquacross round-4 yang juga diikuti oleh para jawara jetski kelas dunia tersebut berlangsung sebanyak 4 moto dengan sangat ketat dan menegangkan.

Sejak moto pertama hingga moto ke empat tersebut Aqsa selalu melesat (hole shoot) pada putaran awal mengungguli pembalap dunia lainnya seperti Chris Macclugage, kakaknya Aero Aswar, Brian Baldwin dan Eric Francis yang senantiasa menguasai arena kejuaraan P1 Aquacross US maupun kejuaraan internasional lainnya.

Aqsa meraup poin tertinggi mengungguli pembalap lainnya masing-masing pada moto pertama dan ketiga. Sementara pada moto kedua Aqsa kalah tipis dari Brian dan Chris. Sedangkan di moto keempat merupakan moto final, jetski yang digunakan Aqsa mengalami masalah serius terjadi ketika saling mengungguli dengan pembalap lainnya, sehingga akhirnya tidak mampu finis.

Meski demikian karena poin yang dikumpulkan Aqsa Sutan Aswar pada moto satu sampai tiga sebelumnya sudah cukup tinggi dan pembalap lainnya tidak mampu melampauinya.

Aqsa Sutan Aswar tetap tak terbendung untuk menjuarai kejuaraan P1 Aquacross round-4 2019 dengan nilai tertinggi 67. Dua pembalap dunia lainnya yakni Brian Baldwin dan Chris Macclugage berada dibawahnya dengan poin yang sama yakni masing-masing 65.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aero

Aero Aswar sendiri sempat beberapa kali mengalami masalah dengan mesin jetskinya sehingga hanya mampu berada di posisi overall ke 9.

Keduanya berharap balapan kali ini akan menjadi modal utama dalam menghadapi kejuaraan dunia World Finals 2019 Oktober 2019 nanti yang akan dilangsungkan di Havasu City, Arizona, Amerika Serikat.

Sementara itu, Ketua Umum PP IJBA, Fully mengaku cukup puas dengan performance Aqsa dan Aero. "Saya puas walaupun keduanya tidak memiliki waktu istirahat yang cukup setelah melalui penerbangan panjang yang melelahkan dari Jakarta. Selain mereka juga tidak lagi melakukan proses klimatisasi suhu maupun setting jetski setibanya di Amerika atau dengan kata lain ketika mereka datang mereka langsung mengikuti balapan tanpa penyesuaian tetapi mampu memenangkan pertarungan diantara pembalap dunia lainnya," kata Fully dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/9/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.