Tak Ingin Masalah Berlarut, Ganjar Pranowo Siap Jadi Mediator KPAI dan Djarum

Oleh Liputan6.com pada 10 Sep 2019, 11:00 WIB
Bersama Empat Lembaga, Komnas HAM Sepakati Pelaksanaan Festival HAM Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ikut bicara soal konflik antara KPAI dan PB Djarum. Ia berharap bisa menjadi penengah sehingga bisa mencari solusi terbaik.

Seperti diketahui PB Djarum akan menghentikan audisi umum bulutangkis mulai tahun depan. Hal ini karena permintaan KPAI yang menganggap ada eksploitasi anak dalam event tersebut.

Ganjar menilai penghentian audisi bukan jalan terbaik. Ia menilai pembinaan olahraga tak bisa dilakukan oleh pemerintah saja.

"Olahraga kita itu butuh dukungan swasta, kalau negara saja mengurus olahraga pasti kurang, maka kita mengajak swasta. Sudah ada swasta bagus serta melakukan terus menerus, bahkan menjadi legenda jangan dihentikan," kata Ganjar Pranowo seperti dilansir Antara.

"Saya mendorong agar audisi tetap berjalan karena itu dalam rangka mencari talenta anak-anak kita, khususnya di Jawa Tengah agar jadi 'champions' di badminton," kata Ganjar Pranowo menambahkan.

 

2 of 2

Adakan Dialog

Habibie hingga Jokowi Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri pemakaman istri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019). (Liputan6.com/JohanTallo)

Terkait polemik antara PB Djarum dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Ganjar menyebut mesti segera diselesaikan dengan dialog.

"Kalau kemarin ada 'problem' di KPAI, yang dipersoalkan adalah gambar, mari soal desain dan 'layoutnya' kita bicarakan ulang, tapi bukan berarti menghentikan," katanya.

"Saya siap berdialog dengan KPAI maupun dengan Djarum karena ini ada kaitannya dengan audisi yang dilakukan di beberapa kota di Jawa Tengah, kami punya kepentingan agar atlet-atlet berbakat kita bisa juara," ujarnya.

(Disadur dari: Antara.com Penulis: Wisnu Adhi Nugroho, Editor: AA Ariwibowo, published (9/9/2019)

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓