Sukses

Manuel Neuer Belum Mau Pensiun dari Bayern Munchen dan Timnas Jerman

Meski tak lagi muda, Manuel Neuer masih belum berencana pensiun dalam waktu dekat.

Jakarta - Penjaga gawang Timnas Jerman dan Bayer Munchen, Manuel Neuer, merasa masih ingin terus bermain dan lapar kemenangan. Meski sudah berusia 33 tahun, Neuer belum berencana pensiun dari dunia sepak bola.

Dalam perjalanan kariernya sebagai satu dari beberapa kiper hebat di dunia sepak bola, Manuel Neuer sempat harus beristirahat karena cedera dan menepi selama beberapa tahun. Namun, saat kembali dari cedera, Neuer tetap menjadi kiper pilihan utama, baik untuk klubnya, maupun untuk tim nasional.

Bahkan dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020 kontra Belanda yang digelar di Hamburg, Sabtu (7/9/2019) dini hari WIB, Neuer tetap menjadi pilihan utama meski timnya harus kalah 2-4 dalam pertandingan tersebut.

Neuer sudah 89 kali mendapatkan kesempatan bermain bersama Timnas Jerman dan tampil 340 kali untuk Bayern Munchen sejak 2011. Namun, hingga saat ini ia masih menikmati bermain di bawah mistar Bayern maupun Timnas Jerman karena merasa masih menjadi bagian penting dari timnya.

Hal tersebut yang membuatnya masih belum memikirkan untuk pensiun dari dunia sepak bola. Kepada Welt am Soontag yang dilansir Goal, Neuer mengungkapkan momen seperti apa yang akan membuatnya memutuskan pensiun.

"Ketika Anda tidak lagi dibutuhkan dan Anda merasakannya, sulit untuk bangkit dan termotivasi setiap harinya," ujar Neuer.

"Saya merasa bahwa saya masih sangat dibutuhkan di sini, di tim nasional, dan setiap orang senang saya berada di sini. Jelas saya harus memperlihatkannya melalui performa saya," lanjut Manuel Neuer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecintaan terhadap Sepak Bola

Bukan hanya karena merasa masih dibutuhkan oleh Bayern Munchen dan Timnas Jerman, Manuel Neuer memang merasa masih mampu tampil di level tertinggi dalam permainannya. Ia pun menyebut kariernya yang panjang memang terjadi karena kecintaannya terhadap sepak bola.

"Ini merupakan hasil dari kecintaan saya terhadap olahraga ini. Sangat senang ketika saya berada di lapangan latihan atau dalam pertandingan. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi saya," ujar Neuer.

"Saya berusia 33 tahun, tapi ketika saya berada di lapangan, saya selalu merasa bahwa saya masih bisa meningkatkan kemampuan saya dalam menjaga gawang. Saya masih tergfanggu dengan hal-hal yang tidak berguna seperti yang mereka lakukan pada sembilan atau sepuluh tahun lalu, dan saya masih gembira dengan semua yang berjalan baik," lanjutnya.

Neuer masih memiliki kontrak bersama Bayern Munchen hingga 2021, di mana itu berarti dirinya akan berusia 35 tahun. Neuer mengaku sadar tubuhnya berubah seiring bertambahnya usia, tapi ia mampu mengadaptasi gaya berlatihnya untuk membantunya tetap berada di level terbaik dalam permainannya.

"Saat usia masih muda, Anda tak harus berbuat banyak untuk tetap fit. Namun, semua berubah. Saya sudah menyadarinya, jadi saya memberikan perhatian besar kepada apa yang saya lakukan dan bagaimana saya melakukannya," tegas Neuer.

Sumber: Welt am Soontag, Goal

Disadur dari Bola.com (Penulis Benediktus Gerendo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.