3 Rekor yang Bisa Dipecahkan Lionel Messi Musim Ini

Oleh Ario Yosia pada 08 Sep 2019, 13:00 WIB
Lionel Messi

Barcelona - Bersama Cristiano Ronaldo, Lionel Messi adalah pesepakbola pemecah rekor dalam 15 tahun terakhir. Striker Barcelona itu memiliki banyak rekor gol atas namanya.

Kemampuan serta keinginannya untuk mencetak gol sangat melegenda dan konsistensinya selama dekade terakhir inilah yang membuatnya menjadi salah satu pemain terbaik generasi saat ini. Messi telah memecahkan begitu banyak rekor selama beberapa musim terakhir.

Sayangnya, kita belum bisa melihatnya beraksi musim ini bersama Barcelona karena cedera betis. Tetapi satu hal yang pasti, ketika Messi pulih, bisa dipastikan itu akan menjadi musim lain bagi Tim Catalan yang terlihat tertatih-tatih di awal La Liga.

Pertanyaan mengelitik, sampai kapan ia akan bermain di Barcelona?

Lionel Messi, seperti dilansir Marca memiliki klausul berbeda di kontraknya. Dalam klausul tersebut, Messi bisa kapan saja pergi dari El Barca. 

La Pulga belum pernah membela klub selain Barcelona sepanjang kariernya. Dia telah delapan kali memperbarui kontraknya selama itu.

Namun pada 2017, Lionel Messi menandatangani kontrak dengan klausul bisa pergi secara gratis pada akhir musim ini. Hal itu karena usia Messi sudah mencapai 32 tahun.

Situasi serupa juga pernah dirasakan bintang Barcelona lainnya, Andres Iniesta, Carles Puyol, dan Xavi Hernandez. Namun ketiganya pergi saat kontraknya sudah habis.

Barcelona sudah memberikan tawaran kontrak baru pada Lionel Messi. Namun, hingga sekarang bintang asal Argentina itu belum menyetujuinya.

Terlepas dari hal itu, mari kita lihat rekor-rekor apa saja yang bisa dipecahkan Lionel Messi:

2 of 4

Pemain pertama yang mencetak 50 gol atau lebih dalam tujuh musim

Adu Gaya Ronaldo dan Messi di Acara Pemain Terbaik Eropa
(AP Photo/Daniel Cole)

Ada banyak pencetak gol produktif yang memesona di pentas elite sepak bola dunia. Ferenc Puskas, Pele, Di Stefano, Ronaldo Nazario, Maradona adalah penyerang-penyerang hebat dalam sejarah.

Faktanya konsistensi yang dipertontonkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam urusan mencetak gol tak tertandingi.

Kedua bintang ini sudah berulangkali meraih penghargaan Sepatu Emas Eropa.

Duo ini juga telah mencetak 50 gol atau lebih di semua kompetisi dalam enam musim terakhir.

Mencetak gol sebanyak itu dalam satu musim bukanlah prestasi yang kecil, karena itu berarti, rata-rata, seorang pemain harus mencetak gol per pertandingan. Sesuatu yang amat sulit.

Messi kini memiliki peluang untuk menciptakan sejarah dengan menjadi pemain pertama yang mencapai prestasi mencetak 50 gol atau lebih dalam tujuh musim terakhir.

3 of 4

Pemain pertama yang mencetak 10 hattrick di Liga Champions

Barcelona Vs Liverpool
(AP/Joan Monfort)

Ronaldo dan Messi juga merupakan pencetak dua gol teratas dalam sejarah Liga Champions UEFA dengan masing-masing 126 dan 112 gol.

Terlepas dari perbedaan yang disebutkan di atas, mereka juga memegang rekor spektakuler setelah mencetak jumlah hattrick maksimum dalam kompetisi elit Eropa, dengan torehan masing-masing delapan kali.

Mencetak tiga gol dalam pertandingan bukanlah tugas yang mudah, terutama di Liga Champions di mana yang bertanding tim-tim terbaik Benua Biru.

Mengingat bahwa Messi mencetak total empat treble musim lalu, ia sekarang memiliki kesempatan untuk mencatatkan diri dalam buku sejarah dengan menjadi pemain pertama yang mencetak 10 hattrick di Liga Champions.

 

4 of 4

Trofi Sepatu Emas terbanyak di La Liga

Penyerang Barcelona, Lionel Messi.
(AFP/Josep Lago)

Lionel Messi mencatatkan diri jadi pencetak gol terbanyak di La Liga sebanyak enam kali. Terakhir pada musim 2018-2019, ketika ia mencetak 36 gol dalam 34 penampilan. Ia membawa pulang trofi Pichichi yang juga memenangkannya Sepatu Emas Eropa keenam dalam kariernya.

Saat ini, posisinya sejajar dengan legenda Atletik, Telmo Zarra, yang juga telah memenangkan gelar tersebut sebanyak enam kali juga. Kesempatan melampaui Telmo terbuka lebar musim ini.

Jika bisa kembali jadi top scorer, Messi akan bersanding dengan legenda Jerman, Gerd Muller, yang memegang rekor untuk memenangkan Sepatu Emas di pentas kompetisi domestik negaranya Bundeslliga antara 1966 dan 1978.

Sumber: Sportskeeda

Lanjutkan Membaca ↓