Sukses

Malaysia Resmi Adukan Kelakuan Minus Suporter Timnas Indonesia ke FIFA dan AFC

Suporter Timnas Indonesia menganggu jalannya pertandingan melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno di menit ke-72.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah mengadukan secara resmi kelakuan minus suporter Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019) pada laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G.

Suporter Timnas Indonesia menganggu jalannya pertandingan di menit ke-72. Beberapa suporter Garuda di tribune selatan melompat ke area jogging track. Mereka kemudian berlari menuju tribune Malaysia untuk menyerang.

Bahkan, Menpora Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dan suporter Malaysia yang hadir sempat tertahan selama dua jam usai pertandingan melawan Timnas Indonesia.

Atas kelakukan minus suporter Timnas Indonesia, Sekretaris Jenderal FAM Stuart Ramalingam mengirim aduan resmi ke FIFA dan AFC dengan bukti-bukti terkait insiden di Jakarta.

"Tuan rumah gagal menepati janji, gagal mengendalikan sikap, bahkan sebelum pertandingan hingga setelah pertandingan yang mencoreng sepak bola Indonesia," ucapnya, seperti dikutip dari Utusan.

"Namun, fairplay dan profesionalisme sudah diperlihatkan pemain dan ofisial, baik itu Timnas Indonesia maupun Malaysia. Namun, pertandingan sudah dirusak oleh insiden di luar lapangan," kata Ramalingam menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puji Respons Fans Malaysia

Ramalingam juga memuji respons suporter Malaysia, yang menurutnya tidak ikut terprovokasi di Jakarta. Namun, dia berharap, kejadian ini tidak terulang lagi.

"Kami menyarankan suporter untuk terus bersabar dan menghormati pendukung lawan, apakah itu fans Indonesia, Uni Emirat Arab, Thailand, atau Vietnam yang akan bermain di Bukit Jalil," ujarnya.

Ramalingam juga meminta suporter Malaysia tidak melancarkan aksi balasan. Pasalnya, hal itu bakal menyebabkan kerugian bagi tim Malaysia.

 

3 dari 3 halaman

Fokus Hadapi UEA

Sementara itu Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Mohd. Amin mengatakan, Malaysia akan fokus di laga kedua menghadapi pertarungan berat pada Selasa, 10 September mendatang. Harimau Malaya akan menghadapi Uni Emirat Arab.

"Sekarang kita harus fokus ke pertandingan berikutnya melawan Uni Emirat Arab di Stadion Nasional, Bukit Jalil. Saya berharap kemenangan ini bisa berlanjut untuk tim Harimau," ucap Amin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.