Sukses

Timnas Indonesia Kebobolan 7 Gol dari 3 Laga, Perlukah Andritany Diganti?

Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa, dinilai berperan dalam membuat Tim Garuda kalah 2-3 dari Malaysia di Stadion GBK.

Liputan6.com, Jakarta - Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa, menjadi sorotan seusai laga kontra Malaysia, kemarin (5/9/2019) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Gawang Timnas Indonesia kebobolan tiga kali dalam pertandingan perdana Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia itu. Selain itu, pasukan Simon McMenemy juga takluk 2-3 dari Malaysia.

Ini artinya dalam tiga laga terakhir, Timnas Indonesia sudah kebobolan tujuh gol. Sebelumnya, ketika melawan Vanuatu pada 15 Juni lalu, gawang Timnas Indonesia yang dikawal Andritany memang clean sheet.

Tapi, melihat kualitas Vanuatu, tentu kita sepakat clean sheet dalam pertandingan itu tak istimewa. Gawang Tim Garuda benar-benar diuji saat berhadapan dengan Yordania.

Andritany kebobolan empat gol setelah Timnas Indonesia takluk 1-4 dari Yordania pada 11 Juni 2019. Kebobolan tujuh gol dari tiga pertandingan terakhir Timnas Indonesia, posisi Andritany mungkin perlu dipertimbangkan.

Kemarin malam, Andritany dianggap berperan dalam dua gol terakhir Malaysia ke gawangnya. Sebelum Syafiq Ahmad menjebol gawang Timnas Indonesia pada menit ke-66, terjadi kemelut di depan gawang akibat Andritany salah antisipasi sehingga tidak mampu menangkap bola hasil sepak pojok Malaysia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Blunder

Ketika crossing dikirimkan untuk disundul Syafiq Ahmad, posisi Andritany malah di belakang penyerang Malaysia itu. Kemudian, saat gol ketiga Malaysia melalui Mohamadou Sumareh, Andritany tampak gagap menghalau crossing mendatar lawan.

Kiper Persija Jakarta itu menjulurkan kaki untuk menghalau, tapi tidak mengenai bola. Dalam posisinya yang buruk, Andritany tidak mampu lagi memblok tendangan Sumareh pada menit ke- 90+7.

Setelah pertandingan usai, warganet Indonesia pencinta Timnas pun ramai-ramai menyalahkan Andritany, karena dianggap kerap melakukan blunder dalam pertandingan kontra Malaysia. Tidak sedikit yang meminta Andritany diistirahatkan dan memberi kesempatan kepada kiper lain.

3 dari 3 halaman

Kiper Lain

Di bangku cadangan, ada Angga Saputra dan Teja Pakualam, yang posisinya juga kiper. Angga Saputra tampil bagus bersama Tira Persikabo musim ini, sehingga mungkin layak mendapat kesempatan pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 berikutnya melawan Thailand pada 10 September nanti.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.