Suporter Timnas Indonesia Ricuh, Imam Nahrawi Temui Menpora Malaysia

Oleh Marco Tampubolon pada 06 Sep 2019, 11:21 WIB
Diperbarui 06 Sep 2019, 11:21 WIB
Suporter Timnas Indonesia ricuh
Perbesar
Suporter Indonesia ricuh setelah laga Timnas Indonesia melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019). (Bola.com/Muhammad Adiyaksa)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI), Imam Nahrawi menyesalkan kericuhan yang mewarnai pertandingan timnas Indonesia melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Kedua tim bertemu pada pertandingan grup G babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. 

Kericuhan pecah di dalam maupun luar stadion. Polisi bahkan harus melepaskan gas air mata untuk membubarkan massa yang berusaha menyerang suporter Malaysia usai laga. Kericuhan juga sempat membuat pertandingan babak kedua terhenti hingga 10 menit. 

Insiden ini berlangsung saat skor pertandingan masih imbang 2-2. Beberapa pendukung timnas Indonesia turun ke lapangan dan melakukan provokasi kepada suporter lawan. Mereka juga melemparkan berbagai benda ke arah para pendukung Harimau Malaya. 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq yang sebelumnya berada di tribune pendukung Malaysia pun harus dievakuasi oleh aparat demi alasan keamanan. 

Kericuhan ini ikut mempengaruhi permainan timnas Indonesia. Striker Timnas Indonesia, Alberto Beto Goncalves mengaku mental mereka drop akibat insiden memalukan itu. Dalam duel ini, Timnas Indonesia akhirnya kalah dengan skor 2-3 dari Harimau Malaya. 

 

Timnas Indonesia Vs Malaysia
Perbesar
Menpora Malaysia, Syed Saddiq, dievakuasi karena serangan suporter Timnas Indonesia saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

"Kami sudah fokus dengan pertandingan. Tiba-tiba ada masalah (yang membuat pertandingan dihentikan) dan itu membuat kami langsung down," kata Beto.

Usai laga, kericuhan kembali pecah di luar stadion. Suporter yang hendak memprovokasi pendukung Malaysia terlibat bentrok dengan aparat keamanan. Pihak panitia juga terpaksa menahan kepulangan ratusan suporter Malaysia menunggu suasana kembali kondusif. 

 

2 dari 2 halaman

Menpora Temui Menpora

Menpora Imam Nahrawi
Perbesar
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi turun dari mobil setibanya di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (24/1). Menpora Imam memenuhi panggilan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap terkait dana hibah Kemenpora ke KONI. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Merespons kejadian ini, Menpora Imam Nahrawi, menurut Antara.com, langsung menemui Menpora Malaysia. Imam ingin meminta maaf secara langsung kepada Saddiq.  Pertemuan dilakukan di salah satu hotel di seputaran SUGBK, Senayan, pada Kamis malam.

“Kehadiran saya untuk menyampaikan langsung permohonan maaf atas nama masyarakat dan pemerintah Indonesia atas peristiwa tidak mengenakkan atas ulah oknum suporter yang semalam kita lihat bersama,” kata Imam dalam jumpa pers di Jakarta, keesokan harinya. 

Dalam acara tersebut hadir juga Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓