Sukses

Suporter Timnas Indonesia Ricuh, Imam Nahrawi Temui Menpora Malaysia

Kericuhan mewarnai pertandingan timnas Indonesia melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI), Imam Nahrawi menyesalkan kericuhan yang mewarnai pertandingan timnas Indonesia melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Kedua tim bertemu pada pertandingan grup G babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. 

Kericuhan pecah di dalam maupun luar stadion. Polisi bahkan harus melepaskan gas air mata untuk membubarkan massa yang berusaha menyerang suporter Malaysia usai laga. Kericuhan juga sempat membuat pertandingan babak kedua terhenti hingga 10 menit. 

Insiden ini berlangsung saat skor pertandingan masih imbang 2-2. Beberapa pendukung timnas Indonesia turun ke lapangan dan melakukan provokasi kepada suporter lawan. Mereka juga melemparkan berbagai benda ke arah para pendukung Harimau Malaya. 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq yang sebelumnya berada di tribune pendukung Malaysia pun harus dievakuasi oleh aparat demi alasan keamanan. 

Kericuhan ini ikut mempengaruhi permainan timnas Indonesia. Striker Timnas Indonesia, Alberto Beto Goncalves mengaku mental mereka drop akibat insiden memalukan itu. Dalam duel ini, Timnas Indonesia akhirnya kalah dengan skor 2-3 dari Harimau Malaya. 

 

"Kami sudah fokus dengan pertandingan. Tiba-tiba ada masalah (yang membuat pertandingan dihentikan) dan itu membuat kami langsung down," kata Beto.

Usai laga, kericuhan kembali pecah di luar stadion. Suporter yang hendak memprovokasi pendukung Malaysia terlibat bentrok dengan aparat keamanan. Pihak panitia juga terpaksa menahan kepulangan ratusan suporter Malaysia menunggu suasana kembali kondusif. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menpora Temui Menpora

Merespons kejadian ini, Menpora Imam Nahrawi, menurut Antara.com, langsung menemui Menpora Malaysia. Imam ingin meminta maaf secara langsung kepada Saddiq.  Pertemuan dilakukan di salah satu hotel di seputaran SUGBK, Senayan, pada Kamis malam.

“Kehadiran saya untuk menyampaikan langsung permohonan maaf atas nama masyarakat dan pemerintah Indonesia atas peristiwa tidak mengenakkan atas ulah oknum suporter yang semalam kita lihat bersama,” kata Imam dalam jumpa pers di Jakarta, keesokan harinya. 

Dalam acara tersebut hadir juga Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.