Timnas Malaysia Andalkan Tim Keamanan Sendiri di Jakarta

Oleh Harley.Ikhsan pada 05 Sep 2019, 18:30 WIB
Diperbarui 05 Sep 2019, 18:30 WIB
FOTO: Malaysia Gelar Latihan Perdana Jelang Hadapi Timnas Indonesia
Perbesar
Pemain Timnas Malaysia saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9). Malaysia akan berhadapan dengan Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Malaysia benar-benar memperhatikan keamanan jelang laga melawan Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019). Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengutus tim keamanan sendiri untuk

FAM melakukannya agar pemain dan ofisial Timnas Malaysia aman dan nyaman selama berada di Jakarta. Kehadiran aparat asing itu sudah terlihat ketika anak asuh Tan Cheng Hoe menjalani latihan perdana di Lapangan ABC, Selasa (3/9/2019). Beberapa petugas dari Kepolisian Diraja Malaysia tampak menjaga mereka.

Deputi Sekjen Pengembangan Bisnis PSSI Marsal Masita menyatakan, apa yang dilakukan Timnas Malaysia sudah sesuai dengan SOP. Semua tim, menurutnya, bisa melakukan hal sama.

Bahkan, Persija Jakarta yang berlaga di Shopee Liga 1 punya tim keamanan sendiri ketika away. "Sama saja dengan konser. Kan artis selalu bawa security sendiri. Wajar," ucapnya.

Mengenai keamanan pada pertandingan nanti, PSSI menyerahkan semuanya kepada Polda Metro Jaya. "Saya pastikan sudah ada plan. Jadi, Polda Metro Jaya tahu standar keamanan seperti apa," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Perhatian Khusus

Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia
Perbesar
Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia. (Bola.com/Dody Iryawan)

Kepala Departemen Infrastruktur, Keselamatan, dan Keamanan PSSI Nugroho mengakui masalah keamanan menjadi perhatian khusus pada kesempatan ini. Sebab, rivalitas kedua negara di sepak bola sangat kuat.

Karena itu, pihaknya bersama FAM dan perwakilan Kepolisian Diraja Malaysia bertemu dengan Kepala Biro Operasi Khusus Polda Metro Jaya AKBP Alberd Sianipar jauh hari sebelum pertandingan.

"Pihak Malaysia mengapresiasi prosedur keamanan yang sudah disiapkan. Pihak kepolisian akan memberikan pengamanan maksimal untuk tim dan suporter lawan sejak datang hingga pulang," kata Nugroho.

 

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓