Jelang Timnas Indonesia vs Malaysia, FAM Dapatkan Amunisi Baru dari AS

Oleh Marco Tampubolon pada 05 Sep 2019, 15:45 WIB
Diperbarui 05 Sep 2019, 15:45 WIB
FOTO: Malaysia Gelar Latihan Perdana Jelang Hadapi Timnas Indonesia
Perbesar
Pemain Timnas Malaysia saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9). Malaysia akan berhadapan dengan Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) terus melancarkan proses naturalisasi pemain untuk menambah kekuatan Timnas Malaysia. Jelang pertemuan Timnas Indonesia vs Malaysia, FAM kembali mendapatkan lampu hijau dari pemain kelahiran Amerika Serikat, Wan Kuzain Wan. 

Seperti dilansir Utusan.my, Wan lahir Carbondale, Illinois, Amerika Serikat, 14 September 1998 lalu. Ayah dan ibunya berasal dari Malaysia, tapi Wan yang karirnya tengah menanjak di sepak bola Negeri Paman Sam justru sempat memperkuat timnas Amerika Serikat U-17.

Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin, mengatakan, Wan sudah bersedia bermain untuk Malaysia. Kepastian itu didapat setelah pemain yang bersangkutan menyampaikannya secara langsung kepada pelatih Timnas Malaysia U-22, Ong Kim Swee melalui sambungan telepon. 

"Sebelum ini, dia (Wan Kuzian) tidak berminat, tapi baru-baru ini dia telah menyatakan kesediannya bermain kepada Kim Swee," kata Mohd Amin menjelaskan.

"Jadi saat ini, kami tengah mempersiapkan rencana membawanya ke Malaysia bermain bersama timnas Malaysia (Harimau Malaya) atau timnas U-23," beber Mohd Amin. 

Wan Kuzian yang saat ini berusia 20 tahun mengawali karir sepak bolanya bersama Saint Louis FC pada 2016 lalu. Tim ini bermain di divisi kedua kompetisi Amerika Serikat. Berposisi sebagai gelandang bertahan, dia lalu pindah ke Swope Park Rangers setahun kemudian.

Dua tahun lalu, Wan pindah ke klub dari level yang sama, Sporting Kansas City yang bermain di kompetisi tertinggi di AS, Major League Soccer. Pada 3 Juni 2018 lalu, Wan Kuzain mencetak gol perdana di ajang ini saat timnya menang 4-1 atas Minnesota United.

 

2 dari 2 halaman

Proyeksi SEA Games 2019?

Mohamadou Sumareh
Perbesar
Pemain Timnas Malaysia, Mohamadou Sumareh (13), saat laga final Piala AFF 2018 melawan Vietnam di Stadion Nasional, Bukit Jalil (11/12/2018). (AFP/Mohd Rasfan)

Meski sudah bersedia memperkuat Timnas Malaysia, Wan Kuzian sepertinya bukan ancaman serius bagi Timnas Indonesia. Sebab pemain berpostur 178 cm itu tidak akan tampil saat tim Merah Putih bertarung melawan Timnas Malaysia di SUGBK, Senayan, Kamis (5/9/2019).

Menurut Mohd Amin, Wan juga tidak akan memperkuat timnas Malaysia pada pertandingan lain di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Pada ajang ini, Harimau Malaya berada di Grup G bersama Indonesia, Uni Emirat Arab, Thailand, dan Vietnam. 

"Ini karena ada proses (prosedur pemulangan) yang harus dijalani. Jadi memang tidak sempat. Meski demikian, kami akan coba untuk SEA Games karena dia kini dia tengah bermain pada kompetisi Major League Soccer di Amerika Serikat," kata Mohd Amin.

Saat ini, timnas Malaysia memang tidak lagi hanya mengandalkan pemain-pemain lokal saja. Dalam menghadapi Indonesia, Harimau Malaya bakal diperkuat oleh empat pemain naturalisasi, yang terdiri dari, dua pemain berdarah Australia, Brendan Gan dan Matthiew Davies, serta La’Vere Corbin-Ong (Inggris), dan Mohamadou Sumareh (Gambia).

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓