Timnas Indonesia vs Malaysia: Saddil Dipuji Lawan, Apa Sebab?

Oleh Aning Jati pada 05 Sep 2019, 11:19 WIB
Diperbarui 05 Sep 2019, 11:19 WIB
Saddil Ramdani
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia U-23, Saddil Ramdani, mengirim umpan saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (13/3). Latihan ini merupakan persiapan jelang Kualifikasi Piala AFC U-23. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jakarta - Duel Timnas Indonesia vs Malaysia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019), jadi ajang bertemu buat empat pemain Pahang FA dengan sayap Tim Merah Putih, Saddil Ramdani.

Ini menjadi kali pertama buat keempatnya, memandang Saddil sebagai lawan.

Seperti diketahui, ada empat pemain Pahang FA yang masuk Timnas Malaysia untuk laga melawan Indonesia. Empat pemain itu adalah Matthew Davies, Mohamadou Sumareh, Nor Azam Azih, dan Norshahrul Idlan.

Satu lagi pemain Pahang FA, Saddil Ramdani, juga mendapat panggilan dari pelatih Simon McMenemy, untuk menggantikan posisi Greg Nwokolo di Timnas Indonesia.

Nor Azam belum lama ini menuturkan keberadaan Saddil bisa menguntungkan buat Timnas Indonesia, karena ia bisa memberikan informasi perihal sepak bola Malaysia. Sama halnya dengan Andik Vermansah, Ferdinand Sinaga, dan Evan Dimas Darmono, yang berstatus jebolan Liga Super Malaysia.

Sementara, Matthiew Davies memilih mengomentari kualitas Saddil Ramdani.

"Dia pemain muda yang sangat bagus. Kami tahu kemampuannya dan dia sudah pasti jadi salah seorang yang harus kami waspadai di Timnas Indonesia," ujar Davies, dikutip dari New Straits Times.

"Dia aktif, punya sentuhan pertama sangat bagus, juga umpan silang oke. Dia juga luar biasa secara teknik," sanjungnya.

Menariknya, seandainya dimainkan pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, dalam pertandingan besok, Davies akan berduel dengan Saddil, rekan satu timnya dalam tujuh bulan terakhir ini.

Dengan pengetahuan dan pemahamannya terkait ancaman Saddil, Davies punya potensi besar main sejak pertama dalam laga kontra Timnas Indonesia.

2 dari 3 halaman

Memahami Tekanan Penonton

Matthew Davies
Perbesar
Bek tim nasional Malaysia, Matthew Davies, menjadi salah satu pemain yang wajib diwaspadai Indonesia di semifinal SEA Games 2017, Sabtu (26/8/2017). (dok. kualalumpur2017.com)

Jika benar dimainkan, Matthew Davies dipastikan tak hanya melawan musuh di lapangan melainkan juga tekanan yang bakal dilancarkan pendukung Tim Garuda yang memenuhi SUGBK.

Perihal hal itu, ia juga sudah bersiap. Menurutnya, tekanan penonton tuan rumah merupakan hal yang sudah pasti akan diterima sebagai tim tamu.

Secara khusus, pemain Timnas Malaysia kelahiran Australia itu sudah memahami situasi seperti apa yang bisa terjadi di SUGBK.

"Kami sudah tahu yang akan menanti kami dari stadion yang penuh pendukung lawan," kata Davies.

3 dari 3 halaman

Tuntaskan Tantangan

Davies menambahkan, "Kami harus siap secara pribadi, kami harus mendukung tim. Kami sudah mengantongi apa yang diperlukan untuk menuntaskan tantangan ini," lanjutnya.

"Jika kami mendapat hasil apik dalam laga tandang di Indonesia, di pertandingan pertama kami, bisa menjadi modal bagus buat laga-laga selanjutnya."

"Akan sangat luar biasa, dan tiga poin yang besar jika kami berhasil menang," ucap pemain berusia 24 tahun itu.

Sumber: New Straits Times

Disadur dari: Bola.com (Aning Jati/Aditya Wicaksono, Published 05-09-2019)

Lanjutkan Membaca ↓