Pelatih Timnas Indonesia Berharap Suporter Padati SUGBK

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 04 Sep 2019, 21:20 WIB
Diperbarui 04 Sep 2019, 21:20 WIB
Timnas Indonesia Vs Timor Leste
Perbesar
Suporter Timnas Indonesia memberikan dukungan saat melawan Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy mengajak suporter memberikan dukungan langsung pada laga melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/2019).

Simon menyebut, atmosfer stadion kebanggaan masyarakat Indonesia itu terasa menyeramkan untuk lawan jika dalam kondisi penuh.

Timnas Indonesia akan menjamu Malaysia pada laga pembuka Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Laga melawan Malaysia selalu menyita perhatian buat masyarakat Indonesia.

Hal tersebut tak terlepas dari rivalitas panjang dari kedua tim. Simon McMenemy bahkan terkenang, SUGBK sangat tidak bersahabat untuk tim lawan yang datang jika dipenuhi suporter.

Pengalaman itu pernah dialami langsung oleh Simon McMenemy ketika menukangi Timnas Filipina pada 2010. Ketika itu, tim asuhannya kalah dalam dua pertandingan dengan skor identik 1-0 di SUGBK.

"Dulu saya pernah mengalaminya ketika bersama Timnas Filipina. Ruang ganti rasanya terguncang karena suporter yang ramai," kenang Simon McMenemy dalam jumpa pers jelang laga, Rabu (4/9/2019).

"Untuk memberikan instruksi di ruang ganti saja susah. Debu-debut dari atap berjatuhan. Saya pernah datang sebagai lawan dan betapa menakutkannya SUGBK ketika penuh," ujar pelatih asal Skotlandia itu.

Atas dasar itulah, Simon McMenemy meminta suporter untuk datang langsung memberikan dukungan. Dengan 'teror psikologis' yang diberikan ke lawan tentu akan memudahkan Timnas Indonesia untuk memetik kemenangan.

2 dari 2 halaman

Miniatur Piala AFF 2020

Simon McMenemy, Timnas Indonesia
Perbesar
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, saat membimbing timnya menang 6-0 atas Vanuatu dalam laga uji coba internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Pelatih Simon McMenemy mengaku tak berharap bisa berjumpa Malaysia pada laga pembuka Kualifikasi Piala Dunia 2022. Menurut Simon, laga melawan Malaysia, Thailand, dan Vietnam ibarat seperti miniatur Piala AFF.

"Saya mengharapkan dukungan penuh. Saya harap stadion penuh, ramai, sehingga menjadi tambahan kekuatan. Mudah-mudahan kami bisa menang," tegas Simon McMenemy.

Simon awalnya berharap agar timnas mendapatkan lawan lain, terutama negara-negara Asia lainnya. Hal itu dilakukan untuk mematangkan pengalaman dari Timnas Indonesia.

"Saya tak berharap Timnas Indonesia melawan Malaysia pada laga pertama. Harapan saya undiannya melawan negara Asia agar mendapatkan pengalaman. Namun, melawan Malaysia tentu akan menjadi motivasi dan ujian mental yang banyak," tegas Simon.

 

Disadur dari: Bola.com

(Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Wiwig Prayugi, published 4/9/2019)

Lanjutkan Membaca ↓