Sukses

Tanpa Barracuda, Gelandang Malaysia Siapkan Mental Hadapi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan menjamu Malaysia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Kamis (5/9/2019).

Liputan6.com, Kuala Lumpur PSSI tidak menyediakan kendaraan lapis baja atau barracuda bagi timnas Malaysia yang akan berhadapan dengan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/2019). PSSI menjamin keselamatan Harimau Malaya selama berada di Jakarta.

Keamanan memang menjadi isu penting yang dibahas jelang pertemuan Timnas Malaysia dan timnas Indonesia pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia nanti. Ini tidak lepas dari panasnya tensi pertandingan yang kerap mewarnai pertemuan negara bertetangga itu.

Penggunaan barracuda diawali saat Timnas Malaysia berhasil merebut Piala AFF 2010 di Jakarta. Usai final leg kedua yang berlangsung di SUGBK, Senayan, para pemain dan official Harimau Malaya terpaksa dipulangkan dengan kendaraan lapis baja demi keamanan. 

Langkah ini kembali diambil saat Timnas Malaysia U-23 mengalahkan Indonesia di final SEA Games 2011. Usai laga, tim Negeri Jiran kembali dipulangkan naik kendaraan lapis baja. 

Pengalaman buruk lainnya dilalui oleh Timnas Malaysia U-19 saat tampil di Sidoarjo, Jawa Timur, tahun lalu. Penonton juga sempat melempari mereka usai mengalahkan Indonesia. 

Pemain tengah skuad Timnas Malaysia, Nor Azam Azih, sadar akan besarnya tekanan yang bakal dihadapi 5 September nanti. Karena itu dia berharap, rekan-rekannya tetap fokus menyiapkan mental dan fisik dalam menghadapi Timnas Indonesia di SUGBK nanti.

Meski demikian, Azih enggan terbeban dengan pengalaman buruk tersebut. Sebab menurutnya, perang psikologis yang berlebih justru hanya mengganggu konsentrasi saja. 

"Sejauh ini saya belum pernah melalui situasi di mana harus menaiki barracuda. Walaupun selama ini ada provokasi, tapi tidak sampai separah itu," kata Azih dilansir Harian Metro. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teman Jadi Lawan

Pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Malaysia dan Indonesia berada di grup G bersama Uni Emirat Arab (UEA), Thailand, dan Vietnam. Setelah bertemu Indonesia di SUGBK, Malaysia selanjutnya akan menjamu UEA di Bukit Jalil Stadium, 10 September 2019. 

Pada pertandingan melawan Timnas Indonesia nanti, Azih bakal bertemu rekan setimnya di Pahang, Saddil Ramdani. Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy memanggil Saddil untuk menggantikan posisi pemain naturalisasi, Greg Nwokolo yang mengalami cedera. 

"Ini mungkin jadi kelebihan bagi mereka karena Saddil bermain bersama saya dan beberapa pemain lain perlu mengawasinya dengan lebih ketat," beber Azih menambahkan. 

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.