Sukses

Banyak Pengalaman, Kiper Persija Resmi Jadi Kapten Timnas Indonesia

Simon McMenemy menjelaskan alasan memilih Andritany sebagai kapten Timnas Indonesia.

Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy mantap menjadikan kiper Persija Jakarta Andritany Ardhiyasa kapten skuat Garuda untuk dua partai awal Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. 

McMenemy menilai Andritany sebagai satu di antara pemain berpengalaman di Timnas Indonesia. Posisinya sebagai kiper juga membuatnya dapat melihat seluruh sisi stadion.

"Kapten Timnas Indonesia adalah Andritany. Kenapa? Karena dia punya pengalaman yang besar, apalagi dia sudah sering main di stadion yang penuh dengan penonton," ujar McMenemy setelah latihan Timnas Indonesia di SUGBK, Senin (2/9/2019).

"Saya kalau memiliki kapten lebih suka kalau kaptennya adalah kiper kalau tidak bek. Kenapa? Karena dia bisa melihat seluruh lapangan," imbuh pelatih asal Skotlandia tersebut.

Timnas Indonesiaakan menjamu Malaysia pada Kamis (5/1/2019) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan dan Thailand pada lima hari kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan McMenemy

Simon McMenemy menganggap kiper dan bek cocok untuk mengemban ban kapten. Berbeda dengan gelandang dan penyerang, yang dianggapnya terlalu berkonsentrasi melihat ke pertahanan lawan.

"Kalau kami misalnya memilih pemain tengah, pemain tengah nanti dia bisa kepalanya ke mana-mana. Striker juga sama atau pemain depan lainnya," kata eks pelatih Bhayangkara FC itu.

"Jadi saya lebih memilih kiper dan bek sebagai kapten karena saya merasa mereka bisa mengorganisir permainan," tutur McMenemy.

Disadur dari: Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa/ Editor Wiwig Prayugi, published 01/09/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.