Halo Selamatkan Sean Gelael dari Tragedi Kecelakaan Maut Balap F2

Oleh Liputan6.com pada 02 Sep 2019, 19:25 WIB
Sean Gelael

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Prancis, Antoine Hubert, tewas mengenaskan dalam kecelakaan maut di ajang F2 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Sabtu (31/8). Tragedi ini, menyisakan kisah tersendiri bagi pembalap Indonesia, Sean Gelael, yang juga tampil di balap ini.

Dalam prosesi sebelum dan saat terjadi tabrakan yang melibatkan Hubert dan Juan Manuel Correa itu, Sean dan Team Jagonya Ayam merasa sangat bersyukur bisa terhindar dari deretan pembalap yang terlibat insiden di balapan F2 itu.

Sebelum Hubert ditabrak tegak lurus oleh Correa di lintasan lurus Kemmel, Giuliano Alesi lebih dahulu tergelincir dan mengalami pecah ban di Tikungan Raidillon.

Efek dari pecah ban itu adalah suspensi rusak dan sayap belakang mobil aAlesi patah. Nah, patahan inilah yang kemudian menerjang mobil Sean Gelael.

Namun peranti bernama Halo menjadi penyelamat Sean. Alat yang memang dipasang di kokpit untuk melindungi kepala dan tubuh pembalap tersebut benar-benar berfungsi dalam menyelamatkan Sean.

Patahan sayap belakang dari mobil Alesi melayang dan membentur Halo di mobil Sean sehingga pebalap Merah-Putih itu terhindar dari efek buruk hantaman yang tak diinginkan.

Tak lama setelah itu, terjadilah tragedi di lintasan F2 itu, di mana Hubert ditabrak Correa dan itu terjadi persis sebelum Sean melintas di Kemmel Straight. Artinya, Sean adalah pembalap pertama yang melihat dan terdekat dari insiden tersebut.

Ketika kembali ke paddock, terlihat jelas Halo di mobil Sean mengalami lecet dan rusak pertanda baru saja kena hantaman.

2 of 2

Sean Terpukul

Pembalap F2, Anthoine Hubert.
Pembalap F2, Anthoine Hubert. (Twitter/F1)

Walau bersyukur diselamatkan Tuhan, Sean juga sangat terpukul dengan kejadian yang merenggut nyawa Hubert yang merupakan teman baiknya tersebut.

Correa sendiri kini masih dalam perawatan intensif di RS di kota Liege. Pebalap AS tersebut mengalami patah kaki dan dalam perawatan pasca-operasi. Kedua orangtuanya menemani pebalap Charouz Racing tersebut.

"Saya kehabisan kata-kata bila ingat insiden tersebut. Doa terbaik saya buat Hubert dan buat siapa saja yang terlibat dalam kecelakaan tersebut," kata Sean.

Lanjutkan Membaca ↓