Shopee Liga 1: Ini 5 Kiper Paling Sibuk di Putaran Pertama

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 02 Sep 2019, 18:10 WIB
Shopee Liga 1 2019

Jakarta - Shopee Liga 1 2019 telah mencapai pekan ke-17 . Hal ini berarti kompetisi sepak bola paling elite di Indonesia ini sudah berada pada pertengahan musim.

Berbagai kejutan terjadi sepanjang 17 pekan yang sudah dimainkan. Selain pemain yang tampil tajam, penampilan kiper tangguh pun menjadi sorotan.

Kiper memang menjadi sosok krusial dalam sebuah tim. Kualitasnya menjadi ujung tombak kesuksesan sebuah tim dalam mengarungi satu musim.

Namun, hal itu tak bisa menjadikan jaminan. Ada kasus di mana kiper mampu tampil gemilang di bawah mistar gawang dengan mencatatkan banyak penyelamatan, namun penampilan timnya justru tak konsisten.

PT Liga Indonesia Baru (LIB), operator Liga 1 2019, mencatat ada lima kiper sejauh ini, yaang menjadi sosok tersibuk di bawah mistar gawang.

Acuannya adalah jumlah penyelamatan yang dilakukan, bukan jumlah kebobolan. Lantas, siapa saja kiper-kiper yang paling sering jatuh bangun karena melakukan penyelamatan itu?

Berikut lima kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak sampai tengah musim Shopee Liga 1 2019:

2 of 6

5. Jandia Eka Putra (PSIS Semarang)

Jandia Eka Putra
Penjaga gawang PSIS, Jandia Eka Putra, harus diistirahatkan saat menghadapi Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (10/7/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Jandia Eka Putra menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak kelima pada putaran pertama Shopee Liga 1 2019. Kiper berusia 32 tahun itu tercatat melakukan 42 penyelamatan pada sembilan laga yang dimainkannya bersama PSIS Semarang musim ini.

Namun, dari sembilan laga tersebut, Jandia hanya melakukan sekali clean sheet bersama PSIS musim ini. Selain itu, kiper asal Sumatra Barat itu mencatatkan 11 kebobolan dalam 734 menit yang dimainkannya.

3 of 6

4. Muhammad Ridho (Madura United)

Muhammad Ridho Djazulie
Penjaga gawang Madura United, Muhammad Ridho Djazulie. (Bola.com/Aditya Wany)

Muhammad Ridho bergabung dengan Madura United pada awal musim 2019. Kiper berusia 28 tahun itu langsung dipercaya mengisi posisi inti di bawah mistar gawang Laskar Sapeh Kerrab.

Ridho tercatat melakukan 43 penyelamatan dalam 12 laga yang dimainkannya musim ini. Jumlah tersebut membuat Ridho sebagai kiper keempat dengan jumlah penyelamatan terbanyak pada putaran pertama Shopee Liga 1 2019.

4 of 6

3. Ega Rizky (PSS Sleman)

Ega Rizky
Kiper PSS Sleman, Ega Rizky, saat melawan Semen Padang pada laga Liga 2 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Selasa (4/12) (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Kiper PSS Sleman, Ega Rizky, mencatatkan 44 penyelamatan pada putaran pertama Shopee Liga 1 2019. Jumlah tersebut dikumpulkan kiper 27 tahun dalam 13 laga bersama tim Elang Jawa.

Ega Rizky sejauh ini mampu mencatatkan dua clean sheet bersama PSS. Adapun jumlah kebobolan yang terjadi pada gawangnya mencapai 18 gol.

5 of 6

2. Teja Paku Alam (Semen Padang)

Teja Paku Alam
Kiper Semen Padang, Teja Paku Alam, saat melawan Bhayangkara FC pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (3/3) (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kiper Semen Padang, Teja Paku Alam, menjadi kiper kedua dengan jumlah penyelamatan terbanyak pada putaran pertama Shopee Liga 1 2019. Kiper berusia 25 tahun itu mencatatkan 51 penyelamatan pada 12 laga yang dimainkannya.

Penampilan apiknya tersebut tak berbanding lurus dengan performa Semen Padang, yang masih terjebak di zona merah. Namun, Teja boleh berbangga karena dipanggil pelatih Simon McMenemy memanggilnya ke Timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

6 of 6

1. Miswar Saputra (Persebaya Surabaya)

Miswar Saputra
Kiper Persebaya Surabaya, Miswar Saputra. (Bola.com/Yoppy Renato)

Predikat kiper paling sibuk karena mencatatkan penyelamatan terbanyak pada putaran pertama Shopee Liga 1 2019 diraih Miswar Saputra. Penjaga gawang milik Persebaya Surabaya itu melakukan 55 penyelamatan dalam 16 laga yang dimainkannya.

Kiper berusia 23 tahun itu mencatatkan empat clean sheet sejauh ini. Adapun catatan kebobolan Miswar mencapai 21 gol.\

Disadur dari: Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap, published 02/09/2019)

Lanjutkan Membaca ↓