5 Calon Pemenang Liga Champions Musim Ini

Oleh Liputan6.com pada 01 Sep 2019, 19:00 WIB
Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menyelesaikan putaran kualifikasi, Liga Champions 2019/2020 memasuki kompetisi sesungguhnya menyusul undian fase grup, Kamis (29/8/2019).

Juara bertahan Liga Champions Liverpool berada di grup E bersama Napoli, Red Bull Salzburg, dan Genk. Tim asuhan Jurgen Klopp itu kembali dalam satu grup dengan Napoli.

The Reds masih tetap difavoritkan untuk kembali mengangkat Si Kuping Besar pada musim ini. Namun, untuk mempertahankan gelar Liga Champions tentu saja tidak mudah.

Real Madrid berhasil mencetak hattrick juara Liga Champions dua musim lalu. Pasukan Zinedine Zidane pasti ingin bangkit dan menghentikan laju Liverpool.

Klub-klub lainnya juga telah memperkuat skuatnya untuk merebut gelar dari Liverpool. Karena itu, Liverpool tidak boleh lengah di kompetisi tersebut.

Berikut ini lima kandidat juara Liga Champions pada musim ini seperti dilansir Ronaldo.com:

2 of 6

Atletico Madrid

Alvaro Morata
Alvaro Morata. (AFP/Pierre Philippe-Marcou)

Atletico Madrid mungkin adalah kandidat yang paling sulit untuk memenangkan Liga Champions. Namun, mereka adalah salah satu klub yang melakukan transfer terbesar musim ini.

Tersingkirnya Atletico dari Juventus pada musim lalu mungkin mempengaruhi mereka pada musim ini. Namun, mereka sekarang tentu memiliki potensi untuk menjadi lebih kompetitif daripada sebelumnya.

Untuk setiap pemain yang pergi, Atletico menggantinya dengan pemain yang lebih kompetitif. Mereka bisa melakukan pekerjaan yang sama dan bahkan menawarkan alternatif baru.

Transfer terbesar mereka pada musim panas ini adalah Joao Felix. Pemain muda Portugal itu ditebus dengan biaya 126 juta euro untuk menggantikan kepergian Antoine Griezmann ke Barcelona.

3 of 6

Barcelona

Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann.
Barcelona. (AP Photo/Joan Monfort)

Barcelona akan selalu muncul sebagai salah satu tim favorit untuk memenangkan Liga Champions.

Mereka akan selalu mengandalkan Lionel Messi. Namun, tahun ini Barcelona terlihat jauh berbeda dengan pemain baru yang mereka rekrut selama bursa transfer.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Barcelona sudah mendatangkan beberapa pemain luar biasa di setiap lini untuk bersaing musim ini. Mereka mendapatkan Frenkie de Jong dari Ajax dan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid.

Blaugrana masih terus berusaha untuk memulangkan Neymar. Kehadiran Neymar bisa membuat mereka kembali menjadi juara.

4 of 6

Liverpool

Liverpool Vs Chelsea
Liverpool. (AP/Lefteris Pitarakis)

Juara bertahan Liga Champions ini tidak memodifikasi skuat mereka dari musim lalu. Jurgen Klopp sanagt mempercayai semua pemainnya saat ini.

Tim yang mereka miliki sepertinya ditakdirkan untuk menciptakan dinasti di sepakbola Eropa. Mereka memiliki segalanya untuk melangkah jauh di kompetisi.

Liverpool mungkin saja bisa mempertahankan gelar mereka pada musim ini. Itu artinya Liverpool akan tampil di final tiga kali secara beruntun.

Klopp memiliki semua bahan untuk mewujudkan hal tersebut pada tahun ini. Liverpool tentunya ingin menambah koleksi trofi Liga Champions mereka menjadi tujuh.

5 of 6

Juventus

FOTO: 7 Gol Tercipta, Juventus Berhasil Kalahkan Napoli
Juventus. (AFP/Alessandro di Marco)

Juventus disingkirkan Ajax di Liga Champions musim lalu meski punya Cristiano Ronaldo. Manajemen Juventus kemudian berjanji untuk menciptakan tim paling kompetitif pada musim baru ini.

Presiden klub Andrea Agnelli tidak membuang waktu dan mendatangkan bakat luar biasa untuk menemani Ronaldo. Mereka yakin punya pasukan yang hampir sempurna tahun ini.

Dengan Ronaldo yang memimpin proyek ini, mungkin inilah tahun di mana Juventus akhirnya bisa memenangkan kompetisi yang telah menghindarinya sejak dekade 90-an.

Juventus sudah memainkan dua final di milenium baru dan selalu. Tetapi segalanya masih mungkin terjadi dengan Ronaldo di skuat mereka.

6 of 6

Manchester City

Manchester City Vs Brighton and Hove Albion
Manchester City. (AP/Nick Potts)

Pep Guardiola sudah membangun tim untuk bisa memenangkan Liga Champions. Meski gagal di Eropa musim lalu, City masih bisa menyelesaikan musim dengan sangat luar biasa.

Dengan beberapa pemain kembali ke performa terbaik mereka setelah mengalami cedera serius, The Citizens akhirnya punya kesempatan untuk memenangkan gelar Eropa pertama mereka dalam sejarah.

Jika Guardiola akhirnya berhasil mencapai targetnya, ia akan menjadi manajer yang mengikuti jejak Sir Alex Ferguson sebagai pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola.

 

Sumber asli: Ronaldo.com

Disadur dari: Bola.net 

(Penulis: Aga Deta, published 30/8/2019)

Lanjutkan Membaca ↓