Liverpool Menang atas Burnley, Roberto Firmino Cetak Sejarah di Liga Inggris

Oleh Liputan6.com pada 01 Sep 2019, 14:50 WIB
Striker Liverpool, Roberto Firmino, melepaskan tendangan saat melawan Arsenal pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Sabtu (29/12). Liverpool menang 5-1 atas Arsenal. (APPeter Byrne)

Liputan6.com, Liverpool - Roberto Firmino mencetak satu gol saat Liverpool mengalahkan Burnley pada pekan keempat Liga Inggris 2019-2020. Satu gol ini membuat striker asal Brasil itu tercatat dalam sejarah Liga Inggris.

Liverpool bertandang ke markas Burnley di Turf Moor, Sabtu (31/8/2019) malam WIB. Duel ini dimenangkan The Reds dengan skor 0-3.

Firmino mencetak gol ketiga Liverpool pada menit ke-80. Sebelum gol pemain yang biasa disapa Bobby tersebut, Liverpool telah unggul dua gol lewat bunuh diri Chris Wood dan gol dari Sadio Mane.

Satu gol ke gawang Burnley menggenapkan torehan gol Firmino di Liga Inggris menjadi 50 gol bersama Liverpol. Dia menjadi pemain Brasil pertama yang mampu menembus 50 gol di Liga Inggris.

 

 

2 of 3

Ungguli Philippe Coutinho

Liverpool Vs Burnley
Striker Liverpool, Roberto Firmino, melakukan selebrasi bersama Mohamed Salah usai membobol gawang Burnley pada laga Premier League 2019 di Stadion Turf Moor, Sabtu (31/8). Liverpool menang 3-0 atas Burnley. (AP/Anthony Devlin)

Roberto Firmino bergabung dengan Liverpool pada 2015 lalu. Ketika itu, The Reds harus membayar 41 juta euro kepada Hoffenheim untuk membawa Roberto Firmino ke Anfield. Harga yang tidak murah pada zamannya.

Masuk musim kelima, performa Roberto Firmino kian vital untuk Liverpool. Bukan hanya mencetak gol, dia mendapat tugas untuk membagi bola dan membuka ruang di lini depan. Semua dijalankan oleh pemain 27 tahun dengan baik.

Roberto Firmino baru saja tercatat sebagai pemain Brasil pertama yang mampu mencetak 50 gol di Premier League. Catatan ini bahkan lebih baik dibanding dengan Philippe Coutinho yang hanya mencetak 41 gol di Premier League.

Winger Chelsea, Willian, yang lebih lama bermain di Inggris, sejauh ini baru mencetak 28 gol di Premier Leagie. Willian mulai bermain untuk Chelsea pada tahun 2013 silam. Sementara, Juninho hanya mampu mencetak 29 gol saja.

Daftar top scorer pemain Brasil di Liga Inggris:

Roberto Firmino (50 gol)

Philippe Coutinho (41 gol)

Juninho (29 gol)

Willian (28)

Gabriel Jesus (28 gol)

 

3 of 3

Masuk 10 Besar Top Scorer Sepanjang Masa Liverpool

Bukan hanya tercatat sebagai top scorer Liga Inggris, Firmino kini juga masuk dalam daftar elit pencetak gol Liverpool. Firmino masih dalam 10 besar top skor sepanjang masa Liverpool.

Dengan 50 gol, Roberto Firmino berada di posisi sembilan besar top skor sepanjang masa Liverpool. Posisi puncak ditempati oleh Robbie Fowler yang mampu mencetak 128 gol untuk Liverpool di Premier League.

Roberto Firmino masih berusia 27 tahun. Masih punya banyak tahun untuk bermain di Liverpool dan berada pada level kompetitif. Dengan begitu, sangat mungkin Roberto Firmino akan terus menambah jumlah golnya untuk Liverpool.

󠁧󠁢󠁥󠁮󠁧󠁿Top scorer Liverpool Sepanjang Masa:

Robbie Fowler (128)󠁧󠁢󠁥󠁮󠁧󠁿

Steven Gerrard (120)󠁧󠁢󠁥󠁮󠁧󠁿

Michael Owen (118)

Luis Suarez (69)

Fernando Torres (65)

Mohamed Salah (57)

Dirk Kuyt (51)󠁧󠁢󠁥󠁮󠁧󠁿

Daniel Sturridge (50)

Roberto Firmino (50)

Sumber asli: Squawka

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 01/09/2019)

Lanjutkan Membaca ↓