Prediksi Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya: Teror David da Silva

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 31 Agu 2019, 10:35 WIB
Diperbarui 31 Agu 2019, 10:35 WIB
Bhayangkara FC Vs Persebaya Surabaya
Perbesar
Shopee Liga 1 - Bhayangkara FC Vs Persebaya Surabaya (Bola.com/Adreanus Titus)

Jakarta - David Aparecido da Silva menjadi sosok yang paling sering dibicarakan jelang laga Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya pada pekan ke-17 Shopee Liga 1 2019. Partai tersebut akan berlangsung pada Sabtu (31/8/2019) malam WIB.

David diyakini akan melakoni laga debutnya bersama Persebaya Surabaya setelah bergabung pada bursa transfer paruh musim saat menghadapi Bhayangkara FC.

Menariknya, David adalah bomber buangan Bhayangkara FC pada Liga 1 2018. Ia didepak sesaat sebelum kompetisi dimulai.

Striker asal Brasil itu lalu merapat ke Persebaya Surabaya dan berhasil membukukan 20 gol dari 23 pertandingan. Setelahnya, ia hijrah ke Pohang Steelers di Liga Korea Selatan sebelum kembali ke Kota Pahlawan di pertengahan musim ini.

"Kehadiran David Silva dan Aryn Williams menambah kekuatan Persebaya Surabaya. Kami tahu bahwa David musim lalu pernah menjadi bagian dari Bhayangkara FC," kata caretaker Bhayangkara FC, Yeyen Tumena.

"Kami berikan David ke Persebaya Surabaya pada menit-menit akhir. Pemain yang ada sekarang saya pikir pernah melihat bahkan berlatih dengan David. Semua pemain Persebaya Surabaya bermain kolektif," imbuh Yeyen.

2 dari 3 halaman

Persebaya Kehilangan Ruben Sanadi

Mochamad Supriadi, Persebaya Surabaya
Perbesar
Aksi pemain Persebaya Surabaya, Mochamad Supriadi (depan), pada laga kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (24/8/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya Surabaya datang ke markas Bhayangkara FC tanpa kekuatan penuh. Tiga pemain terpaksa absen, yaitu Hansamu Yama, Irfan Jaya, dan Ruben Sanadi, yang mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Persebaya sempat meminjam Ruben Sanadi dari Timnas Indonesia. Sayang, mereka malah mendapat surat pemulangan Otavio Dutra yang masih memegang paspor Brasil sampai sekarang.

Pelatih interim Persebaya, Sugiantoro sudah memasang skema dengan kehadiran Ruben Sanadi. Tanpa Ruben Sanadi, dia harus kembali mengubah game plan sekaligus mencari pengganti yang pas.

"Ada wilayah manajemen sendiri yang akan berusaha pinjam. Saya siapkan beberapa opsi seandainya kakak Ruben Sanadi tidak diizinkan memperkuat tim nanti," kata Bejo, panggilan Sugiantoro.

Sugiantoro bertekad kuat ingin memenangi laga ini. Sebab, duel ini menjadi penutup putaran pertama Liga 1 2019.

Di sisi lain, ini juga menjadi kesempatan terakhirnya jadi pelatih sementara. Setelah itu, skuat Bajul Ijo akan diambil alih oleh Alfred Riedl sebagai pelatih kepala.

"Persiapan kami sudah maksimal, mulai kami punya jeda waktu lima hari untuk mengakhiri putaran pertama. Saya sebagai caretaker tetap ingin memberikan hasil yang positif di sisa kepercayaan untuk saya," ungkap Bejo.

Selain itu, duel ini bakal menjadi debut David. Pemain berusia 29 telah sah menjadi pemain asing anyar Persebaya setelah kepergian Amido Balde.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Flavio Beck Junior, Bhayangkara FC, Shopee Liga 1
Perbesar
Gelandang Bhayangkara FC, Flavio Beck Junior, disambut oleh rekan-rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Barito Putera dalam laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2019 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/5/2019). Flavio Beck Junior sukses mencetak hattrick. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bhayangkara FC (4-3-1-2): Wahyu Tri Nugroho (k); I Putu Gede, Anderson Salles, Indra Kahfi, Fatchu Rochman (b); Lee Yuu-jun, Wahyu Subo Seto, Sani Rizki (t); Flavio Beck Junior (t); Dendy Sulistyawan, Ramiro Fergonzi (d)

Caretaker: Yeyen Tumena

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (k); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Elisa Basna (b); Muhammad Hidayat, Damian Lizio, Fandi Eko Utomo (t); Oktafianus Fernando, David da Silva, Osvaldo Haay (d)

Caretaker: Sugiantoro

Lanjutkan Membaca ↓