3 Pemain Muda Ini Siap Gantikan Striker Barcelona yang Dihadang Cedera

Oleh Ario Yosia pada 31 Agu 2019, 05:00 WIB
Pemain yang Dibeli dengan Harga 100 Juta Euro Lebih

Jakarta - Barcelona menghadapi tantangan berat saat memulai musim di Liga Spanyol.  Mereka mengawali musim dengan kekalahan 0-1 dari Athletic Bilbao.

Untunglah, Barcelona bisa bangkit di pekan kedua dengan kemenangan 5-2 atas Real Betis. Padahal, Barcelona dalam kondisi tidak ideal setelah para striker andalan cedera.

Skuat Barcelona, khususnya di sektor depan tengah goyah. Mereka digoyang badai cedera.  Lionel Messi (betis), Luis Suarez (betis), dan Ousmane Dembele (hamstring), harus menepi sementara dari lapangan hijau. 

Khusus Messi, cedera yang dideritanya selama pra-musim semakin buruk karena ia diperkirakan akan absen sekurangnya 4 minggu. Diprediksi hingga bulan depan, tak satupun di antara tiga pemain di atas kembali bugar dan siap mengarungi pertandingan ketat kompetisi.

Ernesto Valverde kudu putar otak untuk menjaga keseimbangan permainan. Ia punya Antoine Griezmann sebagai pemain utama di sektor depan. Namun, pesepak bola asal Prancis itu butuh pendampin.

Barcelona masih memiliki beberapa pemain berkualitas (meskipun pada level yang lebih rendah) yang dapat membantu meredam dampak hilangnya para penyerang utama.

Sekurangnya ada tiga pemain yang menikmati keuntungan absennya Messi, Suarez, dan Dembele. Mereka punya kesempatan menambah jam terbang bertanding di Barcelona. Siapa saja mereka?

2 of 5

Alex Collado

Alex Collado
Alex Collado (AFP)

Alex Collado adalah gelandang serang berusia 20 tahun yang multifungsi. Ia bisa difungsikan sebagai pemain sayap ofensif.

Pemain internasional Spanyol U-21 lahir di kota Sabadell di Catalunya (tempat kelahiran yang sama dengan Sergio Busquets) dan menghabiskan tiga tahun di Espanyol sebelum bergabung dengan Barcelona pada 2009.

Ia melakukan debut kompetitif untuk tim senior dalam kekalahan 2-0 La Liga dari Celta Vigo pada bulan Mei 2019.

Collado sangat dihormati di Barcelona, dan ia adalah salah satu dari sejumlah anak muda La Masia yang tampil mengesankan selama pra-musim. Ia tampil di tiga laga dengan rapor cukup bagus.

Sejauh ini penampilannya di Barcelona B grafiknya terus menanjak. Ia bisa ditarik untuk membantu Antoine Griezmann agar daya ledak lini depan Barcelona tetap menyengat.

3 of 5

Ansu Fati

Wonderkid Barcelona, Ansu Fati
Wonderkid Barcelona, Ansu Fati, saat diberi kesempatan tampil melawan Real Betis, Minggu (25/8/2019) (Josep LAGO / AFP)

Ansu Fati telah ditakdirkan jadi bagian Barcelona sejak usia dini, dan setelah menolak Real Madrid dan Sevilla (yang menawarkan dia lebih banyak uang) demi tetap berada di tim yang ia cintai.

Dia benar-benar memukau semua orang dengan penampilannya untuk tim muda Barcelona dan mencetak 59 gol dari hanya 29 pertandingan untuk tim Juvenil A Barcelona, sekaligus menggaransi pencetak gol terbanyak liga.

Fati dianggap sebagai properti paling berharga di La Masia saat ini. Ia promosi cepat ke tim utama (ia belum mewakili Barcelona B).

Dia masih berusia 16 tahun, saat melangkah ke lapangan untuk menggantikan Carles Perez di 12 menit tersisa pertandingan melawan Real Betis, menjadikannya pemain termuda kedua yang mewakili Barca dalam sejarah La Liga.

Jika bisa konsisten, ia diprediksi bakal jadi Lionel Messi baru di Tim Catalan.

4 of 5

Carles Perez

Carles Perez
Carles Perez (AP)

Seperti Collado, Perez tiba di Barcelona setelah sebelum membela tim akademi Espanyol. Pemain berusia 21 tahun ini kian berkembang permainannya di La Masia.

Selain sebagai winger, Perez dapat ditempatkan di mana saja di tiga depan. Selama pra-musim sang pemain mencetak dua gol dalam pertandingan melawan Vissel Kobe yang membuat Ernesto Valverde terkesan.

Mantan pemain Timnas Spanyol U-17 telah bermain dua laga La Liga bersama Barcelona musim ini

Tampil sebagai pemain pengganti pada duel melawan Athletic Bilbao, selanjutnya Perez menyumbang sebiji gol saat Barca meladeni Real Betis. Ketajaman ini tentu jadi catatan Valverde.

Sumber: Sportskeeda

5 of 5

Saksikan video cuplikan pertandingan pekan ke-3 La Liga di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by