Presiden AFF Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 29 Agu 2019, 22:00 WIB
Langkah Timnas Indonesia U-19 Gagal Melaju ke Piala Dunia U-20

Liputan6.com, Jakarta - Presiden AFF, Khiev Sameth mendukung Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021. Indonesia menjadi calon tunggal dari Asia Tenggara untuk tuan rumah Piala Dunia U-20.

Dua negara di kawasan Asia Tenggara, Myanmar dan Thailand telah menarik diri dari usaha mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Mereka telah mengumumkan hal itu saat Pertemuan Dewan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) ketiga yang diadakan di Thailand, beberapa waktu lalu.

"Kami menyambut perkembangan baru ini. Saya ingin memberikan dukungan kami kepada Indonesia dalam upaya mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021," kata Sameth, seperti dikutip dari Inside World Football.

Dengan mundurnya Thailand dan Myanmar, Indonesia akan bersaing dengan Arab Saudi serta Uni Emirat Arab untuk menggelar Piala Dunia U-20 2021 di kawasan Asia.

Selain itu, Indonesia juga bersaing dengan dua negara di Benua Amerika yang juga berniat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Brasil dan Peru.

 

2 of 3

PSSI Bidik Bidding Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Ratu Tisha Destria
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Pihak PSSI mengaku senang menjadi calon tunggal tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 di kawasan Asia Tenggara. PSSI berharap mendapat dukungan dari negara tetangga.

"Kami tentu sangat senang keluar jadi atu-satunya negara yang mengajukan bidding sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dari ASEAN," ujar Ratu Tisha, Sekjen PSSI, yang juga Wakil Presiden AFF.

"Dengan perkembangan terbaru ini, kami berharap seluruh pihak di kawasan ASEAN mendukung Indonesia dalam proses bidding turnamen utama FIFA ini, lanjut Ratu Tisha.

3 of 3

Keputusan FIFA

FIFA akan melakukan tinjauan dan menilai tawaran yang diterima dari empat peminat. Keputusan akhir dijadwalkan diambil oleh Dewan FIFA pertemuan di Shanghai, China, pada 23 dan 24 Oktober 2019. 

Mengacu pada edisi sebelum-sebelumnya, Piala Dunia U-20 2021 akan diikuti 24 tim peserta. Ukraina merupakan juara bertahan setelah mengalahkan Korea Selatan 3-1 dalam partai final Piala Dunia U-20 2019.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓