Sukses

3 Sisi Positif dari Cederanya Messi di Barcelona

Lionel Messi saat ini tengah absen karena cedera. Meski terhitung merugikan, Barcelona masih bisa mengambil sisi positif dari absennya sang pemain andalan.

Liputan6.com, Barcelona - Sosok Lionel Messi bukan rahasia lagi tak tergantikan bagi Barcelona. Sayangnya, sang pemain saat ini belum bisa merumput karena masalah cedera.

Absennya Messi sempat dianggap menjadi biang keladi kekalahan 0-1 Barcelona dari Athletic Bilbao pada pekan pertama Liga Spanyol. Namun hal itu segera dijawab dengan kemenangan 5-2 atas Real Betis di pertandingan selanjutnya.

Padahal, di laga melawan Betis, Messi juga masih absen. Ia bahkan duduk bersama Luis Suarez di bangku penonton untuk menyaksikan laga.

Menurut prediksi, Messi masih harus absen tiga sampai empat pekan ke depan. Sepintas, ini tentu kerugian bagi Barcelona.

Namun seperti dilansir Sportskeeda, ada setidaknya empat sisi positif yang bisa diambil Barcelona dari absennya Messi. Berikut daftarnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mengurangi Ketergantungan kepada Messi

Kehadiran Messi di lini depan Barcelona jelas mendongkrak kualitas serangan tim. Gocekan dan tendangan pemain berusia 31 tahun ini kerap merepotkan lini belakang tim lawan.

Akan tetapi, Barcelona bukan lantas harus terus bergantung kepada Messi. Perlahan, Blaugrana -julukan Barcelona- mau tak mau harus melepaskan ketergantungan kepadanya.

Hal itu bisa dimulai saat Messi sedang cedera. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menjadi lebih leluasa memilih komposisi lini depan.

Apalagi, Barcelona baru saja kedatangan Antoine Griezmann. Ia bisa dipasangkan dengan Ousmane Dembele di lini depan jika bermain dengan formasi 4-4-2.

3 dari 4 halaman

2. Memberi Kesempatan untuk Pemain Muda

Absennya Messi juga bisa dimanfaatkan Barcelona untuk memainkan para pemain muda. Itu sudah terlihat saat Valverde memainkan pemain berusia 16 tahun, Ansu Fati di pertandingan melawan Betis.

Sejak mengorbitkan beberapa pemain muda seperti Sergio Busquets dan Sergi Roberto, Barcelona boleh dibilang sudah jarang menaikkan pemain La Masia ke tim utama. Persepsi ini dapat mulai diubah Barcelona.

Kebetulan, para pemain muda yang saat ini ada cukup siap untuk dimainkan. Selain Ansu fati, ada sosok Carles Perez yang mencetak satu gol ke gawang Betis.

Dalam beberapa pertandingan ke depan, bukan tak mungkin Valverde akan tetap memainkan para pemain muda itu. Sebagiai pemain, mereka pun tampaknya bakal siap memanfaatkan kesempatan yang jarang lewat ini.

4 dari 4 halaman

3. Mengembalikan Kebugaran Messi

Sebagai pemain andalan, Messi selalu bermain penuh di hampir setiap pertandingan. Itu membuat Messi tak punya waktu istirahat yang cukup.

Salah satu contohnya adalah saat musim panas lalu. Di saat rekan setimnya berlibur, Messi malah harus membela timnas Argentina di Copa America.

Messi memang diberi dispensasi kembali lebih lambat ke tim oleh Barcelona. Namun tampil di Copa America jelas membuat kebugaran Messi belum 100 persen.

Cedera yang dialami saat ini dapat menjadi kesempatan untuk mengembalikan kebugarannya. Bukan tidak mungkin, Messi akan lebih kuat saat sudah kembali merumput nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.