Sukses

Timnas Malaysia Lawan Indonesia, FAM Siapkan Psikolog

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menyiapkan psikolog demi mempertebal mental pemain Malaysia saat melawan Timnas Indonesia di SUGBK (5/9/2019).

Kuala Lumpur - Timnas Malaysia akan menjalani laga tandang kontra Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis mendaang (5/9/2019). Pertandingan ini jadi matchday pertama penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Persiapan Timnas Malaysia jelang melawan Indonesia tak main-main. Selain menggelar laga uji coba kontra Yordania di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Jumat (30/8/2019), Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) juga menyiapkan psikolog.

Seperti dilansir dari Berita Harian, FAM memahami pertandingan di Indonesia tak pernah mudah buat pemain Timnas Malaysia. Itulah mengapa, kehadiran seorang psikolog bisa jadi diperlukan.

Wakil Presiden FAM, Datuk Mohd Yusoff Mahadi, berujar pihaknya akan membahas hal ini dengan pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, khususnya untuk memastikan semua kebutuhan Harimau Malaya jelang melawan Indonesia dapat terpenuhi.

"Kami menyadari pertandingan di Indonesia… Jadi, mental pemain harus kuat, karena kalau tidak, bisa "koyak". Tak hanya persiapan fisik dan taktik, mental juga penting untuk meredam tekanan di stadion," ujarnya.

"Kami saat ini memantau dan mendekati pemain. Masih awal untuk memutuskan, tapi satu dua hari ini kami akan membahasnya dengan pelatih," lanjut Yusoff.

"Jika pelatih merasa perlu, kami akan datangkan psikolog. Semuanya tergantung pada pelatih untuk memutuskan, perlu keberadaan psikolog atau tidak dalam timnya," ucapnya.

Yusoff ingin memastikan segala kebutuhan Timnas Malaysia bisa terpenuhi karena memandang kemenangan pertama sangat penting sebagai modal awal tim Harimau Malaysia mengarungi di persaingan keras di penyisihan Grup G.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalaman Pemain Senior

Ia juga menyebut pemain senior seperti Norshahrul Idlan Talaha pasti sudah hafal dengan situasi pertandingan di Jakarta, dan diharapkan bisa berbagi pengalaman itu dengan pemain-pemain baru dalam tim.

Hal itu disebut Yusoff bakal berguna untuk mengatasi sulit akibat tekanan di stadion, khusunya akibat aksi pendukung tuan rumah, yang mungkin dihadapi skuat Harimau Malaya.

"Namun, kami sudah mendapat jaminan insiden yang sama tak akan terulang," kata Yusoff.

"Begitu juga buat suporter, tolong jaga diri di negara orang," pesannya.

 

 

Sumber: Berita Harian

Disadur dari: Bola.com

(Penulis: Aning Jati/Editor: Yus Mei Sawitri, published 28/8/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.