Sukses

Bek Anyar Persebaya Aryn Williams Siap Adaptasi di Shopee Liga 1

Bek anyar Aryn Williams meyakini bisa cepat beradaptasi dengan kultur sepak bola Indonesia di Shopee Liga 1 dan juga tentunya Persebaya. Meski bek 25 tahun ini tak pernah main di Indonesia.

Liputan6.com, Surabaya- Persebaya Surabaya sudah punya bek anyar untuk mengarungi putaran kedua Shopee Liga 1. Persebaya mengontrak Aryn Williams yang kemungkinan bisa diturunkan saat menghadapi Bhayangkara FC, Sabtu (31/8/2019).

Satu pemain anyar Persebaya lainnya yaitu David da Silva. Pemain ini sudah tidak asing bagi Bonek karena memperkuat tim musim lalu.

Dia kembali bersama Persebaya setelah sempat hijrah ke Pohang Steelers. Lalu siapa Aryn Williams?

Posisi asli Williams adalah gelandang bertahan. Lahir di Inggris 25 tahun silam, dia juga bisa bermain di posisi centre back. Dua musim terakhir, dia bermain di I-League India bersama Neroca FC. Musim 2017/2018, dia mengantarkan Neroca FC finis kedua di klasemen akhir. Lalu finis keenam di musim 2018/2019.

Williams nyaris selalu bermain sepanjang musim lalu. Dari 20 pertandingan, pemain dengan tinggi 176 cm itu hanya absen sekali karena akumulasi kartu. Sebagai pemain bertahan, dia menyumbangkan dua gol dan empat assist.

"Posisi saya sebenarnya gelandang bertahan. Namun, musim lalu bersama Neroca saya dua kali bermain sebagai centre back, ketika pemain di posisi itu absen," katanya seperti dikutip situs resmi Persebaya.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cepat Adaptasi

Ketangguhan Williams dalam bertahan dibutuhkan Persebaya pada sisa musim ini. Sebab, begitu banyak pemain bertahan Persebaya yang dipanggil timnas. Saat ini saja tiga bek Persebaya dipanggil timnas senior.

Lalu, mulai Oktober nanti akan ada pemusatan latihan panjang timnas untuk SEA Games. Di tim tersebut, kemungkinan besar bek tengah Rachmat Irianto dan striker Osvaldo Haay dipanggil.

Williams kemarin sudah menyelesaikan beberapa tahapan untuk menjadi pemain Persebaya. Mulai tes kesehatan, sampai penandatanganan kontrak. Saat ini tinggal menunggu penyelesaian verifikasi yang dilakukan PT LIB selaku operator liga.

Meski belum pernah bermain di Indonesia, Williams cukup familier dengan pemain-pemain Persebaya. Di antaranya adalah Irfan Jaya, Osvaldo Haay, maupun Otavio Dutra.

”Saya sudah mempelajari rekaman beberapa pertandingan Persebaya. Saya rasa saya tidak akan mengalami masalah untuk beradaptasi di tim ini,” paparnya.

Agar bisa segera nyetel dengan Ruben Sanadi dkk, pagi ini Williams akan langsung bergabung dalam sesi latihan Persebaya. "Saya akan mengenakan jersey nomor 28. Itu adalah tanggal lahir saya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.