Sukses

Istimewanya Firmino bagi Skema Penyerangan Liverpool

Firmino menemani Mohamed Salah dan Sadio Mane di lini depan Liverpool.

Liputan6.com, Liverpool- Roberto Firmino dinilai punya peran paling penting pada permainan Liverpool ala Jurgen Klopp. Meski tak mencetak banyak gol, Firmino lebih berperan pada aliran serangan The Reds.

Sebagai striker, catatan Firmino mungkin tidak terlalu apik. Dia mungkin tidak mencetak puluhan gol setiap musim. Firmino mungkin tidak setangguh Harry Kane atau setajam Pierre-Emerick Aubameyang. Namun, perannya sangat penting.

Beberapa waktu lalu, Klopp pernah menegaskan langsung bahwa Firmino adalah pemain spesial satu-satunya di dunia. Tanpa Firmino, Liverpool mungkin tidak bisa sekuat sekarang.

Analis Premier League, Don Hutchison harus menjawab pertanyaan sulit tentang siapa pemain yang paling penting di antara Salah-Mane-Firmino. Berbeda dengan banyak orang, dia yakin Firmino sangat penting.

"Anda tahu, saya kira itu Roberto Firmino [yang paling penting], sungguh. Ada Mane, Firmino, Salah - siapa pun punya opini sendiri," kata Hutchison kepada Express.

"Namun, saya kira, ketika Firmino menghubungkan permainan itu,yang terjadi adalah Sadio Mane menjelma jadi penyerang terbaik di dunia. Firmino harus bermain."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berperan Besar

Lebih lanjut, Hutchison yakin peran Firmino itu terlihat jelas pada ketajaman Sadio Mane. Firmino tidak bisa digantikan dengan pemain lain. Dia membuat pemain lain jadi lebih baik.

"Divock Origi tidak bisa membantu Sadio Mane. Sebab, ketika mereka berkombinasi [Firmino-Mane], Sadio Mane menjelma jadi salah satu pemain terbaik Liverpool," tandasnya.

Peran krusial Firmino ini sangat dipengaruhi oleh taktik Jurgen Klopp. Dengan gaya bermain agresif dan intens, Firmino terkadang bisa menahan bola dan mengatur tempo.

Sumber Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.