Sukses

Bournemouth vs Man City: Guardiola Muak Bicara soal VAR

Laga Bournemouth vs Man City berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan tim tamu.

Liputan6.com, Bournemouth - Manchester City tampil gemilang di pekan ketiga Liga Inggris 2019/20. Minggu (25/8), Man City sukses mengempaskan tuan rumah Bournemouth 3-1 di Vitality Stadium.

Sergio Aguero menjadi bintang dengan mencetak dua gol kemenangan The Citizens. Sedangkan satu gol lainnya dilesakkan Raheem Sterling.

Namun, Man City sebenernya berpeluang menutup laga dengan margin kemenangan lebih besar. Pasalnya, ada satu kejadian, saat David Silva dijatuhkan pemain Bournemouth di kotak terlarang, namun luput dari pengamatan wasit.

Berdasaran penilaian Video Assistant Referee (VAR), kejadian itu dianggap bukan pelanggaran, sehingga tidak menimbulkan penalti. Padahal, pemain Man City beranggapan harusnya mereka menadapatkan hadiah penalti dari kejadian tersebut.

Manajer Man City, Josep Guardiola pun tak mau menanggapi hasil penilaian VAR ini. Pria asal Spanyol ini enggan bicara soal piranti pembantu wasit itu.

Maklum, ini bukan pertama kalinya Man City "dirugikan" VAR. Pada pekan pertama saat mereka mengalahkan West Ham United 5-0, gol Raheem Sterling pun dianulir VAR.

"Tidak, tidak, penalti, tidak, tidak. Apakah itu penalti? Tolong jangan tanyakan saya," ujar mantan pelatih Barcelona itu. "Tanyakan itu kepada orang-orang VAR."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Menantang

Musim ini, memang untuk pertama kalinya Liga Inggris memperkenalkan penggunaan VAR. Sebelum musim 2019/20 dimulai para manajer setiap klub Liga Inggris diberi briefing khusus terkait aturan-aturan terbaru, khususnya soal VAR.

Karena itu pula, Guardiola sempatmenyebut, musim ini jadi lebih berat bagi Man City dalam mempertahankan titel mereka. Sebab, banyak hal yang harus mereka ikuti.

"Tantangan musim ini memang luar biasa untuk kami setelah memenangkan Liga Inggris dua musim berturut-turut," ujar Guardiola.

3 dari 3 halaman

Posisi Kedua

Dengan kemenangan ini, Man City kini berada di posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan tujuh poin. Mereka berada di bawah Liverpool yang sukses menyapu bersih tiga pertandingan awal.

Di pekan keempat, Man City akan ditantang Brighton & Hove Albion. Kali ini, mereka akan tampil di kandang sendiri, Stadion Etihad, Manchester.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.