Prediksi PSS Sleman vs PSM Makassar: Misi Tim Tamu Perbaiki Rekor

Oleh Defri Saefullah pada 23 Agu 2019, 10:35 WIB
PSS Sleman Vs PSM Makassar

Liputan6.com, Jakarta PSM Makassar mengusung misi untuk memperbaiki rekor tandang saat dijamu PSS Sleman di stadion Maguwoharjo, Jumat (23/8/2019). Pelatih PSM,Darije Kalezic tak mau tim asuhannya menuai hasil imbang apalagi kalah.

Tak tanggung-tanggung,PSM Makassar mengusung misi untuk meraih kemenangan di kandang lawan. Darije ingin catatan minor PSM di laga tandang terpatahkan di Stadion Maguwoharjo.

Juku Eja sebelum ini hanya memetik satu poin dari empat partai di markas lawan. Optimisme tetap tinggi meski PSM tak diperkuat Rizky Pellu dan Ferdinand Sinaga. Keduanya dipanggil untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Khusus buat lini depan, absennya Ferdinand membuat PSM hanya memiliki satu striker yang siap pakai, yakni Eero Markkanen, karena striker lainnya, Guy Junior, sedang bergelut dengan cedera engkel.

Kalau Markkanen belum berada dalam kondisi terbaiknya, Darije kemungkinan mendorong Wiljan Pluim sebagai 'striker palsu'. Pada musim lalu, Pluim kerap melakoni peran itu ketika PSM masih dibesut Robert Alberts.

"Saya percaya dengan kemampuan Markkanen. Ini kesempatan terbaik buat dia menunjukkan kualitasnya," kata Darije seperti dikutip Bola.com.

Selain Rizky, Ferdinand dan Guy Junior, PSM juga kehilangan penyerang sayap Bayu Gatra yang juga bermasalah pada otot kakinya. Praktis di posisi winger, Darije tinggal bertumpuh pada kecepatan Zulham Zamrun dan M. Rahmat.

 

2 of 3

Ogah Tersandung Lagi

Bek PSM Makassar, Abdul Rahman, menyundul bola saat melawan Lao Toyota FC pada laga Piala AFC 2019. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Bek PSM Makassar, Abdul Rahman, menyundul bola saat melawan Lao Toyota FC pada laga Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). PSM menang 7-3 atas Lao. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

PSS juga mengusung misi wajib menang di laga melawan PSM pada pekan ke-16 Shopee Liga 1.PSS Sleman menjalani dua pertandingan sebelumnya dengan hasil minor.

Dua laga lawan Persela dan Tira Persikabo diakhiri dengan hasil mengecewakan.Lawan Persela imbang 1-1 dan kalah 1-3 dari Tira Persikabo.

Trio pemain asing dipastikan kembali tampil setelah selesai menjalani skorsing akumulasi kartu.Alfonso De La Cruz, Guillerme Batata, dan Brian Ferreira bakal diandalkan pelatih Seto Nurdiyantoro. Striker andalan Yevhen Bokhasvili belum pasti tampil karena cedera, namun PSS masih memiliki Kushedya Hari Yudo sebagai alternatif.

Di lini belakang, bek sayap sekaligus kapten tim Bagus Nirwanto juga akan kembali bermain setelah melewatkan tiga pertandingan karena cedera. Ikhwan Ciptady, yang cedera, juga masih ada pelapisnya yakni Asyraq Gufron.

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, meminta anak asuhnya untuk memberikan poin penuh kontra PSM, demi memenuhi target di paruh musim. PSS kini cukup nyaman di posisi lima klasemen sementara dan wajib dipertahankan.

"Dengan melihat target pada putaran pertama, mau tidak mau harus menang atas PSM. Harapan kami kalau pemain bisa disiplin, akan bisa meminimalisasi serangan lawan," beber Seto Nurdiyantoro.

Namun, PSS paham tidak akan mudah menaklukkan PSM, yang merupakan satu di antara tim kuat. Tim tamu memiliki modal yang bagus dengan meraih poin penuh dalam dua pertandingan terakhir dan belum lama ini menjadi juara Piala Indonesia 2018.

"Kami perlu mewaspadai lawan secara kolektif, bukan kepada satu dua pemain saja. Apalagi PSM memiliki pemain yang bagus di hampir semua posisi," katanya.

Kapten tim PSS Sleman, Bagus Nirwanto, menginstruksikan rekan-rekannya untuk tampil ngotot demi tiga poin atas PSM. Selain itu, kemenangan atas PSM bakal jadi pengganti poin yang hilang dalam beberapa laga kandang terakhir.

"Kami harus bermain ngotot agar bisa meraih poin penuh. Dukungan suporter juga menambah semangat bertanding," tutur Bagus Nirwanto.

3 of 3

Prediksi susunan Pemain

PSS Sleman (4-4-2): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Alfonso De La Cruz, Asyraq Gufron, Jajang Sukmara (belakang); Guilherme Batata, Dave Mustaine, Brian Ferreira, Irkham Zahrul Mila (tengah); Ricky Kambuaya, Kushedya Hari Yudo (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mkodompit; Asnawi, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi; Wiljan Pluim, Marc kKok, M. Arfan;Zulham Zamrun, Eero Markkanen, M. Rahmat

Pelatih: Darije Kalezic

Lanjutkan Membaca ↓