Thailand Tanggapi Rumor Uji Coba Melawan Timnas Brasil

Oleh Aning Jati pada 21 Agu 2019, 20:15 WIB
Diperbarui 21 Agu 2019, 21:17 WIB
Timnas Thailand

Bangkok- Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) menanggapi rencana uji coba Timnas Thailand melawan Brasil yang beredar jelang putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Kabar yang berhembus menyebut, pertandingan eksebisi ini rencananya akan berlangsung di Singapura. 

Media ternama Singapura, The Straits Times, menulis pertandingan ekshibisi bergengsi ini kemungkinan dimainkan di Stadion Nasional, Singapura, pada 11 Oktober 2019.

Jika memang demikian, itu hanya berjarak empat hari dari jadwal Timnas Thailand menjamu Uni Emirat Arab dalam matchday keempat Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, 15 Oktober 2019.

Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) mengonfirmasi kabar itu. Seperti dilansir dari Bangkok Post, FAT menyebut perwakilan Brasil memang sudah mendekati mereka untuk pertandingan persahabatan pada 11 Oktober 2019 tersebut.

Namun, Presiden FAT, Somyot Poompunmuang, berujar FAT belum memberikan jawaban karena menganggap harus membicarakan hal ini terlebih dulu dengan pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino.

"Ada banyak faktor yang jadi pertimbangan sebelum kami menerima tawaran itu. Pada kenyataannya, kami sudah punya rencana laga uji coba pada Oktober itu," ujar Somyot.

"Selain itu, pemain Timnas Thailand bisa kelelahan akibat tampil di pertandingan itu, padahal empat hari kemudian akan menjamu tim kuat UEA.

"Nishino yang akan membuat keputusan akhir perihal ini," kata Somyot.

2 dari 2 halaman

Bukan Pertemuan Pertama

Timnas Brasil
Pemain Timnas Brasil merayakan gol yang dicetak Willian dalam kemenangan 5-0 atas Peru di laga terakhir Grup A Copa America 2019, Minggu (23/6/2019) dini hari WIB. (AFP/Miguel SCHINCARIOL)

Seandainya bakal jadi kenyataan, pertemuan Thailand, juara lima kali Piala AFF, dengan Brasil yang berstatus juara dunia lima kali, bukan kali pertama terjadi. 

Kedua tim pernah bentrok, tepatnya di ajang King's Cup edisi 2000, pada 23 Februari 2000. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, itu Timnas Thailand kalah telak 0-7. 

Ketika itu, Timnas Brasil diperkuat pemain-pemain seperti Rivaldo, Ronaldinho, Emerson, Roque Junior, dan Mario Jardel. 

Kendati kalah telak dari Brasil, Timnas Thailand tetap memenangi turnamen tahunan itu dengan mengalahkan Finlandia 5-1 di partai final. 

Sumber: Bangkok Post/Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓