Bintang Persebaya Surabaya Kirim Pesan Perdamaian usai Kerusuhan Papua

Oleh Harley.Ikhsan pada 21 Agu 2019, 12:30 WIB
Diperbarui 21 Agu 2019, 12:30 WIB
Osvaldo Haay

Liputan6.com, Bandar Lampung - Winger Persebaya Surabaya Osvaldo Haay mengampanyekan pesan perdamaian pada laga Shopee Liga 1 2019 melawan Perseru Badak LampungSelasa (20/8/2019). Pemain 22 tahun itu menolak rasisme usai melengkapi kemenangan 3-1 bagi Bajul Ijo.

Osvaldo mengirim pesan menanggapi masalah rasisme dan kerusuhan di Papua baru-baru ini. Selain mengangkat tulisan 'Say No Racism', dia juga bicara melalui Instagram.

"Sangat bersyukur lahir dan dibesarkan di tanah yg diberkati Tuhan, 'Tanah Papua', karena di situ saya tahu apa arti 'kasih' dan apa arti 'damai'. Di Tuhan juga saya bisa tahu apa arti dan makna Bhinneka Tunggal Ika yang sesungguhnya, karena di PAPUA saya bisa bertemu dengan saudara saya se-Nusantara dan selalu hidup rukun dan tenang di dalamnya," tulis Valdo

"Papua itu indah kawan, Papua itu penuh damai kawan, Papua itu penuh kasih kawan. Dan satu lagi Papua itu adalah tanah yang di berkati Tuhan. Jangan lupa akan arti dan makna dari moto dan semboyan bangsa ini yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Perbedaan itu indah kawan. Perbedaan itu untuk menyatukan. SAY NO TO RACISM," sambungnya.

Masalah rasisme mengguncang Indonesia usai insiden yang menimpa mahasiswa Papua di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Atas perlakuan tersebut, masyarakat Papua melakukan demo besar-besaran di Sorong, Manokwari, dan Jayapura hingga melumpuhkan jalanan utama kota.

2 dari 3 halaman

Tampil Cemerlang

Osvaldo Haay, Ruben Sanadi, Jacksen Tiago
Dua pemain Persebaya Surabaya asal Papua, Osvaldo Haay dan Ruben Sanadi bersama pelatih Persipura, Jacksen Tiago di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (2/8/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Osvaldo mencetak gol ketiga Persebaya pada laga yang disiarkan Indosiar itu, dengan dua angka lain dicetak Irfan Jaya. Sementara angka Badak Lampung dicetak Zainal Haq.

Menggantikan Amido Balde sebagai target man, kecepatan dan agresivitasnya merepotkan pertahanan tuan rumah. "Osvaldo Haay bisa menjalankan tugasnya sebagai false nine dengan sangat baik," kata caretaker Persebaya, Sugiantoro.

"Menempatkan Valdo sebagai striker sebelumnya sudah pernah dilakukan. Saya merubah sedikit dengan gaya permainan sekali sentuhan," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓