Sukses

Erick Thohir: Atlet SEA Games 2019 Butuh Dukungan Masyarakat

Erick Thohir mengatakan atlet Indonesia yang berlaga di SEA Games 2019 akan mendapatkan energi tambahan lewat dukungan masyarakat yang menyaksikan di televisi nasional.

Liputan6.com, Jakarta Pesta akbar olahraga negara-negara Asia Tenggara atau SEA Games akan kembali digelar pada 30 November-11 Desember 2019 mendatang di Filipina. Ada 56 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan melibatkan lebih dari 8.000 atlet dan ofisial tim.

Indonesia masih menyandang status sebagai negara tersukses pada ajang SEA Games. Sejak pertama kali berpartisipasi pada 1977, Tim Merah Putih terhitung sudah 10 kali sukses menjadi juara umum setelah terakhir menjadi juara pada tahun 2011.

Hingga saat ini, saingan terdekat Indonesia dalam mengoleksi gelar juara di SEA Games adalah Thailand dengan tujuh kali menjadi juara.

“Sesuai dengan UU No. 3 Tahun 2005 Pasal 44 bahwa keikutsertaan Indonesia dalam pertandingan multisport event seperti SEA Games dilaksanakan oleh Komite Olimpiade Indonesia atau National Olympic Committee sebagaimana telah diakui oleh International Olympic Committee. Untuk itu, kami di KOI berupaya sekuat tenaga, selain menggunakan dana dari Pemerintah untuk memberangkatkan atlet, kami juga melakukan berbagai terobosan," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir seperti rilis yang diterima media.

"KOI bekerjasama dengan RCTI siap untuk menyiarkan pertandingan-pertandingan sebagai Official Broadcaster. Penting bagi KOI memiliki Official Broadcaster karena semakin banyak masyarakat Indonesia yang menonton, maka akan semakin besar energi yang diberikan kepada para atlet yang sedang berjuang di SEA Games."

Pada SEA Games ke-30 ini, RCTI akan menayangkan 11 cabang olahraga yang dipertandingkan. Cabang olahraga yang akan ditayangkan diantaranya; Aquatic Diving and Swimming, Athletics, Badminton, Basketball 3x3 and 5x5, Boxing, Football, Gymnastics, Sepak Takraw, Taekwondo, Volleyball, dan juga cabang olahraga Esports.

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Unggulan

SEA Games ke-30 tentunya akan menjadi salah satu program unggulan RCTI tahun ini dengan ragam tayangannya. Bahkan ini bukan kali pertama RCTI menjadi official broadcaster SEA Games.

Selain RCTI, stasiun televisi yang berada di kelompok MNC Group juga akan menayangkan beberapa pertandingan dari 11 cabor di SEA Games.

"Apa yang KOI lakukan saat ini adalah sebagai NOC yang bertanggung jawab untuk mengirim kontingen ke multisport event Internasional seperti yang termaktub di Olympic Charter mengenai tugas NOC dan juga diakui oleh UU No. 3/2005. Jadi, mari kita dukung atlet-atlet yang akan berlaga di SEA GAMES 2019 ini agar semakin banyak lagu Indonesia Raya dikumandangkan di Filipina," kata Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.