Duel Antarlini PSM vs Persib: Pluim Lawan Hariono

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 18 Agu 2019, 14:10 WIB
PSM Makassar Vs Persib Bandung

Makassar- Duel PSM Makassar versus Persib Bandung bakal menyajikan pertarungan seru. Kedua tim bertabur bintang. Duel panas bakal terjadi di lini tengah.

PSM selalu superior, terutama di lini tengah, kala bermain di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin.

Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Persib Bandung. Kedua tim bakal berduel pada pekan ke-14 Shopee Liga 1 2019, Minggu (18/8/2019).

Wiljan Pluim dan kawan-kawan selalu menang dari lima laga kandang di Liga 1 2019. Sedangkan Persib, hanya pernah sekali meraih poin penuh dari enam laga tandang.

Meski diunggulkan, tim berjulukan Pasukan Ramang itu tak boleh meremehkan Persib. Tim Maung Bandung berambisi memutus rekor buruk di Makassar. 

Selain itu, di Persib ada Robert Alberts yang sudah paham betul dengan kekuatan PSM.

Mengacu duel antarlini kedua kesebelasan, PSM unggul di pos penjaga gawang. Rivky Mokodmopit yang ditugaskan sebagai kiper utama lebih tangguh dibanding I Made Wirawan.

Rivky hanya kebobolan lima kali dari tujuh laga. Sementara Made, 11 kali kemasukan dari 11 pertandingan yang dijalani bersama Persib Bandung.

2 of 4

Laga Perpisahan Bojan Malisic

Bek Persib Bandung, Bojan Malisic, bersiap saat akan melawan TIRA Persikabo pada laga Piala Presiden 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)
Bek Persib Bandung, Bojan Malisic, bersiap saat akan melawan TIRA Persikabo pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). Persib kalah 1-2 dari TIRA. (Bola.com/Yoppy Renato)

Benteng tangguh PSM Makassar masih akan dikawal oleh duet Aaron Evans dan Abdul Rahman. Keduanya bakal diapit Asnawi Mangkualam dan Beny Wahyudi di sisi sayap.

Adapun, perjumpaan kontra PSM ditengarai akan menjadi laga perpisahan bagi bek Persib Bojan Malisic. Pemain asal Serbia itu dipastikannm didepak pada putaran kedua.

Kendati demikian, pelatih Robert Alberts masih memercayainya untuk mengawal lini belakang bersama Achmad Jufriyanto. Supardi Nasir dan Ari Idrus akan membantu keduanya dari sisi sayap.

3 of 4

Pluim Vs Hariono

PSM Makassar Vs Becamex Binh Duong
Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim, memprotes wasit saat melawan Becamex Binh Duong pada laga semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Rabu (26/6). PSM menang 2-1 atas Becamex Binh Duong. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kedua tim sama-sama mengadopsi tiga pemain di lini tengah. Trio gelandang PSM, Marc Anthony Klok, Rizky Pellu, dan Wiljan Pluim akan berhadapan dengan Hariono, Abdul Aziz serta Ghozali Siregar.

Pluim menjadi pemain yang paling disorot lantaran teknik olah bolanya yang ciamik. Tentu, Hariono sebagai tukang jagal Persib akan terus mengikuti pergerakannya.

4 of 4

Melempem di Depan

Persib Bandung, Mitra Kukar, Liga 1 Indonesia, Bola.com, Ezechiel N'Douassel
Pemain Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel saat melawan Mitra Kukar pada laga Liga 1 Indonesia di GBLA, (8/4/2018). Persib Bandung menang 2-0. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Sayang, kedahsyatan duel antarlini mencakup kiper, belakang, dan tengah tak diikuti oleh sektor depan. Barisan penyerangan kedua klub masih melempem.

Guy Junior dan Ferdinand Sinaga yang menjadi andalan PSM, baru menghasilkan dua gol. Bahkan, seorang Eero Markkanen yang berlabel striker asing pun, masih mandul sejauh ini.

Situasi yang mirip terjadi di Persib. Ezechiel N'Douassel tak kunjung tajam di musim ini. Bomber berusia 31 tahun itu baru membukukan tiga gol dari 12 penampilan.

Sumber Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓