Sukses

Pecahkan Rekor, Bos Alibaba Segera Jadi Pemilik Klub NBA

Tsai akan mempercepat menjadi pemilik penuh Nets. Dia sudah setuju untuk membeli sisa 51 persen Nets dan kandang tim Barclays Center.

Liputan6.com, Brooklyn- Salah satu petinggi Alibaba Grup Joe Tsai akan segera menjadi pemilik penuh klub NBA Brooklyn Nets. Tsai bakal memecahkan rekor pembelian sebuah franchise olahraga di Amerika Serikat.

Tsai saat ini sudah memiliki 49 persen saham Nets. Dia membelinya tahun 2018 lalu dari konglomerat Rusia, Mikhail Prokhorov. Tsai memiliki opsi menjadi pemilik pengendali klub NBA tersebut di 2021.

Namun menurut laporan AP, Tsai akan mempercepat menjadi pemilik penuh Nets. Dia sudah setuju untuk membeli sisa 51 persen Nets dan kandang tim Barclays Center dengan biaya senilai 3,4 miliar Amerika Serikat.

Sisa saham 51 persen Nets akan dibayarkan Tsai senilai 2,34 miliar dolar. Sedangkan Barclays Center senilai hampir satu miliar. Transaksi ini akan dipisah.

Perjanjian masih belum rampung sepenuhnya. Namun diperkirakan akan rampung akhir September setelah mendapat persetujuan dari NBA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekor

Tsai membeli Nets tak lama setelah klub berhasil mendapatkan dua superstar NBA Kevin Durant dan Kyrie Irving pada Juli lalu.

Jika transaksi rampung, pembelian Nets ini menjadi rekor termahal untuk sebuah klub olahraga di Amerika Serikat. Rekor sebelumnya adalah 2,2 miliar dolar saat Tilman Fertitta membeli Houston Rockets.

Tsai merupakan wakil pemimpin Alibaba Grup. Dia juga sudah memiliki klub WNBA New York Liberty.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.