Sukses

Prediksi Athletic Bilbao Vs Barcelona: Ke San Mames, Valverde Tak Bahagia

Pertandingan Athletic Bilbao vs Barcelona di Liga Spanyol digelar di Stadion San Mames, dini hari WIB nanti.

Bilbao - Barcelona siap memulai perjuangan mempertahankan gelar La Liga mereka dini hari WIB nanti. Masalahnya, di laga pertama mereka, masih ada beberapa urusan yang belum selesai, saat mereka tandang ke markas Athletic Bilbao, Stadion San Mames.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengaku tak nyaman kala melawat ke markas tim asal Basque tersebut. "Saya tak bahagia ketika harus memulai perjalanan awal musim dengan kondisi masih ada bursa transfer, dan skuat yang tak lengkap," tegasnya, di El Mundo Deportivo.

Ungkapan tersebut merujuk pada dua situasi yang tengah terjadi di La Liga dan internal Barcelona. Saat ini, La Liga masih membuka pintu bursa transfer pemain musim panas 2019. Artinya, masih akan ada perubahan, dan hal itu membuat Valverde tak bahagia.

Maklum, kans untuk mengubah komposisi pemain masih terbuka lebar. Barcelona punya kesempatan menambah atau mengurangi pemain. Satu di antara yang menjadi magnet adalah rencana kembalinya Neymar.

Nama terakhir sudah bersedia membayar beleid 'lepas' sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp200 miliar ke manajemen Paris Saint-Germain. Sayang, Valverde enggan berkomentar terkait kabar Neymar.

"Namun, jelas sangat mengganggu persiapan tim. Bayangkan saja, Barcelona masih bisa kehilangan atau kedatangan pemain saat liga sudah dimulai. Itu membuatku tak nyaman, apalagi bersua Bilbao," jelas Valverde.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Faktor Kedua

Faktor kedua yang membuat sang entrenador berkebangsaan Spanyol tersebut khawatir adalah kondisi skuat. Saat berlaga ke markas lawan dini hari nanti WIB, ia harus kehilangan beberapa pemain.

Pukulan paling telak berasal dari ketidakhadiran sang bintang utama, Lionel Messi. Kapten tim tersebut masih terkendala dengan kebugaran, dan sempat terlihat harus mengikuti sesi latihan khusus di pasir.

Kehilangan Lionel Messi pada pertandingan perdana bakal menjadi masalah. Maklum, meski sudah tak lagi selincah dulu, Messi bisa memberikan energi positif, setidaknya sanggup menstabilkan kondisi psikologi.

Selain Lionel Messi, Barcelona datang ke Bilbao tanpa Todibo, Wague, Arturo Vidal dan Arthur. Kubu Barcelona menganggap fakta tersebut membuat mereka tak nyaman bertanding di San Mames, meski masih memiliki komposisi pemain yang dianggap bisa di atas Bilbao.

"Tentu saja tak nyaman karena Bilbao adalah tim yang solid, kompak dan punya kualitas pemain setara. Ini menjadi masalah besar bagi Barcelona, meski saya yakin kami bisa pulang dengan poin maksimal," sebut Valverde.

Tanpa Lione Messi, Valverde hampir dipastikan bakal memasang trio Antoine Griezmann, Ousmane Dembele dan Luis Suarez, sebagai trisula lini depan. Pemain anyar, Frenkie de Jong akan menjadi dapur serangan bersama Ivan Rakitic, plus Sergio Busquets sebagai jangkar.

 

3 dari 4 halaman

Ancaman Lawan

Komposisi tersebut dianggap paling ideal, karena Bilbao punya kekuatan 'menyeramkan' di lini tengah. Sepanjang pertandingan pramusim, Bilbao sanggup mengemas 18 gol dari 8 laga persahabatan.

Pelatih Bilbao, Gaizka Garitano menganggap, kekuatan anak asuhnya kala menjamu Barcelona bakal berasal dari motivasi tinggi. Maklum, sebagai tim yang mengusung cita rasa lokal, menuai tiga angka pertama musim ini dari sang juara bertahan adalah 'vitamin'.

Garitano, seperti dirilis dari El Pais, mengungkapkan, anak asuhnya sudah siap tempur, sekaligus sadar dengan kekuatan lawan. "Poin terpenting kami tak boleh lengah dan minder. Kami bermain di markas dengan dukungan penuh, jadi yakin bisa menumbangkan Barcelona," ancamnya.

 

4 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Janji Garitano bisa terepresentasi dari isi skuat Los Leones. Inaki Williams, Iker Muniain, Raul Garcia dan Inigo Cordoba, akan menjadi ancaman bagi Gerard Pique dkk. "Senang bisa langsung bertemu Barcelona. Ini akan menjadi pertarungan menarik, dan Barcelona akan menyadari kekuatan kami dalam 10 - 15 menit," tegas Williams.

Prediksi susunan pemain:

Bilbao (4-2-3-1): Herrerín; Yuri, Álvarez, Martínez, Capa; García, López; Córdoba, García, Muniain: Williams

Barcelona (4-3-3): Stegen; Alba, Lenglet, Piqué, Semedo; Rakitic, Busquets, Jong; Griezmann, Suárez, Dembélé

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.