Sukses

Pelatih Liverpool: Tidak Ada Striker di Dunia yang seperti Firmino

Firmino memberi dampak besar untuk Liverpool meski masuk sebagai pemain pengganti di awal babak kedua laga kontra Chelsea di UEFA Super Cup 2019.

Liputan6.com, Istanbul - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memuji dampak yang ditunjukkan Roberto Firmino dalam pertandingan UEFA Super Cup 2019 melawan Chelsea di Istanbul, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. Firmino tampil brilian meski masuk sebagai pemain pengganti.

Firmino masuk di awal babak kedua untuk menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain. Selama 120 menit, Liverpool dan Chelsea bermain imbang 2-2, sehingga laga diteruskan dengan babak adu penalti. Dua gol The Reds dari Sadio Mane semuanya merupakan assist Firmino.

Dalam drama adu penalti, Firmino yang menjadi algojo pertama Liverpool juga mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Klopp mengakui tidak ada yang bisa menggantikan bakat seperti pemain Timnas Brasil tersebut.

"Bobby Firmino sangat penting, tetapi Sadio Mane dapat memainkan posisi itu juga. Divock Origi bermain di posisi itu dengan sangat baik," kata Klopp, seperti dilansir Tribal Football.

"Mereka semua berbeda, mereka semua memiliki kekuatan yang berbeda, tetapi saya pikir untuk malam ini ketika lawan belajar dari permainan dan terbiasa dengan apa yang Anda lakukan, maka penting bahwa Anda dapat membuat perubahan," terangnya.

"Dan itu adalah perubahan besar karena Firmino berbeda dengan semua pemain lain di dunia, mungkin, dalam posisi itu dan itu banyak membantu kami," ujar pelatih berpaspor Jerman ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sangat Intens

Klopp menilai Firmino sanggup bermain hingga babak tambahan kendati kebugarannya belum sepenuhnya normal. Sebab, Firmino baru kembali ke skuat Liverpool setelah bermain untuk Timnas Brasil di Copa America 2019.

"Bagi dia (Firmino), itu sangat, sangat intens. Itu bukan rencana dia bermain sekitar 80 menit, sekarang dia harus memainkannya. Anda melihat itu sulit baginya, dia hampir tidak memiliki pra-musim dan bermain setelah satu minggu," papar Klopp.

3 dari 3 halaman

Sedikit Masalah

"Ttu adalah sedikit masalah bagi kami, itu pertandingan kompetitif ketiga kami di mana kami harus mengabaikan segalanya untuk berada di sana setelah pra-musim yang kami miliki," ungkap eks pelatih Borussia Dortmund ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.