Ikut Kejuaraan Dunia Jr NBA, Tiga Remaja Indonesia Jumpa Dwyane Wade

Oleh Thomas pada 14 Agu 2019, 14:10 WIB
Ikut Kejuaraan Dunia Jr NBA, Tiga Remaja Indonesia Jumpa Dwyane Wade

Liputan6.com, Florida- Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019 digelar di ESPN Wide World of Sports Complex di Walt Disney World, dekat Orlando, Florida, Amerika Serikat sejak 6-11 Agustus 2019. Tiga remaja Indonesia turut serta di ajang tersebut.

Ketiga remaja Indonesia Indonesia yang berlaga di Kejuaraan dunia Jr. NBA 2019 adalah Angelica Jenifer Candra dan Vanissa Renata Siregar di sektor putri dan Brian Leonard di sektor putra.

Mereka bertiga bergabung di tim Asia-Pasifik bersama pemain-pemain muda dari Australia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand dan Vietnam. Tim Asia-Pasifik bersaing dengan 31 tim lain di Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019.

Selama sepekan, seluruh tim, yang berjumlah 32 (termasuk Asia-Pasifik), mengikuti berbagai kegiatan, yang mengajarkan nilai inti Jr. NBA dan memberikan kesempatan serta pengalaman luar lapangan tak terlupakan.

Brian Leonard dan kawan-kawan juga berkesempatan bertemu dengan legenda NBA yang baru saja pensiun Dwyane Wade. Mereka tak lupa berfoto bareng eks pemain Miami Heat tersebut. Wade hadir sebagai duta Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019.

Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019 mempertemukan 32 tim anak-anak laki-laki dan perempuan terbaik (16 AS dan 16 internasional), yang lolos dari kompetisi regional pada awal tahun ini, yang secara keseluruhan mencapai lebih dari 15.000 remaja dari 75 negara.

 

 

 

2 of 3

Tim Putra

Ke-16 tim Amerika Serikat diwakili oleh divisi AS Tengah (Central), Atlantik Tengah (Mid-Atlantic), Barat Tengah (Midwest), Timur Laut (Northeast), Timur Barat (Northwest), Selatan (South), Tenggara (Southeast), dan Barat (West).

Sementara itu, ke-16 tim internasional (delapan tim anak-anak laki-laki dan delapan tim anak-anak perempuan) mewakili Asia-Pasifik, Afrika, Kanada, Eropa & Timur Tengah, India, Amerika Latin, dan Meksiko.

Tim putra Asia-Pasifik meraih hasil cukup membanggakan. Tim putra berhasil menang 50-42 atas Tiongkok, 74-61 dari Meksiko dan 69-59 ketika bertemu Amerika Latin.

Sayangnya kemudian Asia-Pasifik kalah 55-66 dari Afrika sehingga gagal melaju ke babak selanjutnya. Tim putra Asia Pasifik menutup kiprah di Florida dengan menekuk tim Divisi Selatan 61-59.

3 of 3

Tim Putri

Tim Asia Pasifik berfoto bersama Dwyane Wade (Dok NBA)
Tim Asia Pasifik berfoto bersama Dwyane Wade (Dok NBA)

Sedangkan tim putri Asia-Pasifik mendapat hasil negatif. Angelica Jenifer Candra dkk selalu kalah dari lima laga yang dilakoni di Florida. Tim putri takluk dari Kanada, Tiongkok, Meksiko, Amerika Latin dan Divisi Barat Tengah.

Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019 dimulai dengan format setengah kompetisi (round-robin), yang dilanjutkan dengan pertandingan dengan sistem gugur. Kompetisi tersebut, sejalan dengan nilai NBA dan USA Basketball (organisasi non-profit dan badan pemerintah nasional, yang mengembangkan olahraga basket bagi pria dan wanita di Amerika Serikat), mempromosikan kesehatan dan gaya hidup sehat.

Selama acara itu, terdapat berbagai kegiatan di lapangan, termasuk keterampilan hidup, pengembangan dan malam unjuk keterampilan, dengan atlet menampilkan kemampuan basket mereka dalam Pertandingan Keterampilan (Skills Challenge), Kontes Tiga Angka (Three-point Contest), dan Peragaan Dunk (Dunk Exhibition).

 

Lanjutkan Membaca ↓