Sukses

3 Anak Indonesia Diundang NBA Ikut Basketball Without Borders

Ada tiga anak Indonesia yang diundang NBA ikut Basketball Without Borders.

Liputan6.com, Jakarta- National Basketball Association (NBA) dan International Basketball Federation (FIBA) kembali mengadakan Basketball Without Borders (BWB) Asia kesebelas. Ajang ini akan diikuti 64 anak-anak laki-laki dan perempuan terbaik dari 18 negara dan wilayah.

BWB Asia 2019 bakal digelar pada Rabu hingga Sabtu (14-17 Agustus) di Tokyo. Ini kali kedua program pengembangan basket serta penjangkauan global NBA dan FIBA diselenggarakan di Jepang. BWB Asia diselenggarakan di Jepang untuk kali pertama pada 2012. 

Indonesia akan mengirimkan tiga wakil di BWB Asia. Dua pebasket putri yakni Amerila Ryan Ayu Ardhany dan Jesslyn Artitonang dan satu pemain putra Yonga Hendrick Xavi akan ikut berlaga di Jepang.

BWB Asia 2019 akan menampilkan sejumlah pemain aktif dan non-aktif NBA, termasuk Sam Cassell, peraih tiga kali gelar NBA Champion; Kevon Looney, yang meraih gelar NBA Champion dua kali bersama Golden State Warriors; Robin Lopez (Milwaukee Bucks) dan Yuta Tabuse (Phoenix Suns; Jepang).

Pemain WNBA non-aktif, Ashley Battle, Allison Feaster dan Yolanda Moore, juga akan berpartisipasi dalam kamp tersebut untuk melatih peserta terbaik di kelompok usia sekolah menengah atas dari seluruh wilayah di Asia-Pasifik.

Asisten pelatih NBA Pat Delany (LA Clippers), Bryan Gates (Minnesota Timberwolves), Antonio Lang (Cleveland Cavaliers) dan Wes Unseld Jr. (Denver Nuggets) juga akan menjadi pelatih dalam BWB Asia 2019.

Sementara itu, Patrick Hunt (Presiden Asosiasi Pelatih Bola Basket Dunia; Australia) akan menjadi direktur kamp tersebut. Jeff Tanaka (Chicago Bulls) akan menjadi pelatih atletik.

Asisten pelatih NBA Pat Delany (LA Clippers), Bryan Gates (Minnesota Timberwolves), Antonio Lang (Cleveland Cavaliers) dan Wes Unseld Jr. (Denver Nuggets) juga akan menjadi pelatih dalam BWB Asia 2019.

Sementara itu, Patrick Hunt (Presiden Asosiasi Pelatih Bola Basket Dunia; Australia) akan menjadi direktur kamp tersebut. Jeff Tanaka (Chicago Bulls) akan menjadi pelatih atletik.

BWB Asia 2019 juga akan melibatkan NBA Cares dan upaya penjangkauan angkatan muda di Tokyo. Upaya tersebut akan menyoroti kekuatan olahraga dalam meningkatkan pemahaman budaya dan pada saat sama mengajarkan betapa penting kesehatan, gaya hidup aktif serta nilai inti permainan basket, termasuk kerja sama, integritas dan rasa hormat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rui Hachimura

NBA dan FIBA telah menggelar 60 kamp BWB di 38 kota pada 30 negara di 6 benua dan hingga kini sudah menjangkau lebih dari 3.500 peserta dari 129 negara dan wilayah sejak 2001. Sebanyak 69 alumni BWB disaring menjadi pemain NBA atau menandatangani kontrak sebagai pemain bebas transfer (free agent).

Sebanyak delapan alumni terpilih dalam seleksi pemain NBA (NBA Draft) tahun 2019, jumlah terbanyak dalam sejarah, termasuk Rui Hachimura (pemain asal Jepang yang sempat mengikuti BWB Global 2016 ini terpilih untuk bermain dengan Washington Wizards), melampaui rekor sebelumnya pada tahun 2011, yaitu enam alumni, dipertandingkan pada 2016 dan 2018.

Pada musim lalu, tercatat 27 alumni BWB dimasukkan ke dalam daftar pemain NBA yang diturunkan dalam pertandingan malam pembukaan, termasuk NBA Champion 2019 Pascal Siakam (Toronto Raptors; Kamerun; BWB Africa 2012) dan Marc Gasol (Raptors; Spanyol; BWB Europe 2003), serta Joel Embiid, yang terpilih sebagai NBA All Star sebanyak dua kali (Philadelphia 76ers; Kamerun; BWB Africa 2011).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.