Sukses

Gunakan VAR, Simak 10 Aturan Baru Liga Inggris 2019-2020

Kompetisi Liga Inggris 2019-2020 akan mulai bergulir pada Sabtu (10/8/2019) dini hari WIB, di mana laga pembuka Liverpool menjamu Norwich City.

Liputan6.com, London - Kompetisi Liga Inggris 2019-2020 akan mulai bergulir Sabtu (10/8/2019) dini hari WIB, di mana laga pembuka pekan pertama mempertemukan Liverpool kontra Norwich City di Anfield.

Persaingan Liga Inggris musim ini diyakini bakal lebih ketat. Manchester City sebagai juara bertahan harus berjuang ekstra keras, karena para pesaing siap menjegal.

Liverpool, Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, hingga Manchester United terus berbenah demi mengejar ketinggalan dari Manchester City. Selain itu, terdapat sejumlah perubahan aturan di Liga Inggris 2019-2020.

Salah satu aturan baru yang paling disorot adalah pemakaian VAR. Liga Inggris ingin meningkatkan kualitas dengan aturan-aturan baru yang diterapkan.

Bagaimana klub-klub Liga Inggris dalam menghadapi aturan-aturan baru tersebut? Simak 10 aturan baru di Liga Inggris 2019-2020 seperti dilansir BBC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Aturan Baru Liga Inggris

1. Pakai Teknologi VAR

Liga Inggris akhirnya memutuskan memakai teknologi video assistant referee (VAR). Sebanyak 380 laga bakal menggunakan VAR yang diawasi dari VAR Hub di Stockley Park, London Barat. T

Terdapat empat situasi di mana wasit boleh meminta VAR, yakni ketika terjadi gol, mengambil keputusan penalti, pemberian kartu merah, kesalahan menilai (identifikasi) pemain.

2. Kartu Kuning dan Merah untuk Pelatih

Pelatih harus hati-hati dalam bersikap di pinggir lapangan. Sebab, wasit boleh saja memberikan hukuman kepada para pelatih tim apabila dinilai melanggar.

Jika hukuman dari wasit tidak dapat diidentifikasi kepada pelaku tertentu, maka pelatih senior yang akan menerima hukuman tersebut.

3. Pergantian Pemain

Di Liga Inggris musim ini, pemain yang akan digantikan harus keluar dari garis terdekat di lapangan. Kebijakan ini untuk mengurangi potensi mengulur-ulur waktu saat terjadi pergantian pemain.

Tapi, wasit dapat meminta pemain pergi di garis tengah atau titik berbeda jika dianggap mengganggu keselamatan, keamanan, atau cedera.

4. Memilih Kick-off

Kapten tim memiliki opsi tambahan ketika memenangkan lemparan koin sebelum pertandingan bergulir. Musim ini pemain tidak hanya dapat memilih sisi lapangan tapi juga pilihan mengambil kick-off.

3 dari 4 halaman

Libur Paruh Musim

5. Libur Paruh Musim

FA, operator Liga Premier Inggris dan EFL Championship (kasta kedua), sepakat memberikan libur bagi pemain di tengah musim. Setiap klub mendapat jatah istirahat selama dua pekan pada Februari 2020.

Langkah ini akan memberi keuntungan bagi tim yang bermain di Liga Champions dan Liga Eropa. Sebelumnya, Liga Inggris tak mengenal libur ini, bahkan tetap berkompetisi saat libur natal dan tahun baru.

6. Tambahan Rekor Head to Head

Liga Inggris akan menambah aturan head to head untuk menentukan tim juara atau yang lolos dari zona degradasi. Sebelumnya, operator hanya menerapkan aturan selisih gol, jumlah gol, dan playoff bila ada lebih dari satu tim yang mengumpulkan poin sama di akhir musim. Dengan demikian, penentuan klasemen Liga Inggris musim ini ialah selisih gol, jumlah gol, head-to-head (agregat gol tandang), dan play-off.

7. Drop Ball

Drop ball adalah istilah ketika wasit menaruh bola setelah menghentikan permainan. Dalam aturan baru bola yang ditaruh wasit akan diberikan ke pemain yang terakhir menyentuh bola. Semua pemain, kecuali yang akan mendapat bola, harus berdiri setidaknya sejauh empat meter dari bola yang akan dijatuhkan oleh wasit. Jika permainan dihentikan di area kotak penalti, bola akan dijatuhkan ke kiper.

8. Aturan Penalti

Dalam aturan baru penalti, kiper harus menempatkan satu kakinya di garis gawang. Begitu juga ketika melompat harus sejalan dengan garis gawang.

Kiper tidak diperbolehkan berdiri di belakang garis. Selain itu, pemain yang mengalami cedera saat ingin mengeksekusi penalti mendapat kesempatan untuk perawatan.

4 dari 4 halaman

Tendangan Bebas

9. Tendangan Bebas

Pemain lawan tidak boleh mengganggu atau memasuki pagar betis yang dibangun oleh tim lainnya. Selain itu, pemain lawan juga harus menjaga jarak sejauh satu meter dari pagar betis. Hal ini akan memudahkan kiper. Bila melanggar, wasit akan memberikan tendangan bebas tidak langsung.

10. Sentuhan Tangan (handball)

Wasit akan menganulir gol yang tercipta lewat sentuhan tangan (handball). Dalam kondisi apapun, sengaja atau tidak sengaja, gol tersebut dianggap tidak sah. Di sisi lain, handball tidak berlaku bila bola telah memantul atau mengenai tubuh siapa pun sebelum mengenai tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.