Klopp: Liverpool Tak Butuh Pemain Baru

Oleh Novie Rachmayanti pada 08 Agu 2019, 21:30 WIB
Diperbarui 08 Agu 2019, 21:30 WIB
Liverpool, Premier League, Crystal Palace

Jakarta Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menegaskan timnya tidak membeli pemain bintang pada bursa transfer musim panas tahun ini. Bagi Klopp, The Reds telah memiliki skuat yang cukup bagus.

Klub-klub top Eropa saling berlomba mendatangkan pemain anyar pada bursa transfer awal musim ini. Tiga klub La Liga, Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid, menjadi klub paling boros dalam belanja pemain.

Madrid mengucurkan dana hingga 303 juta euro (Rp 4,8 triliun) untuk mendatangkan lima pemain baru, termasuk Eden Hazard yang ditebus dari Chelsea. 

Sementara itu, Barca menghabiskan uang 255 juta euro (Rp 4 triliun) untuk memboyong enam pemain anyar. Di sisi lain, Atletico menggelontorkan dana 243,5 juta euro (Rp 3,8 triliun) untuk membeli tujuh pemain.

Situasi berbeda dilakukan oleh Liverpool. Manajemen The Reds hanya menghabiskan uang 1,9 juta euro (Rp 30 miliar) untuk mendapatkan bek muda Belanda, Sepp van den Berg, dari PEC Zwolle. 

"Anda seharusnya tak perlu melakukan transfer karena klub lain melakukan transfer, Itu tidak masuk akal, ini bukan tentang hal itu," kata Klopp seperti dilansir Sky Sports.

"Jika Anda duduk sejenak dan melihat skuat, apakah kami membutuhkan lebih banyak pemain? Orang akan berkata, ya, kami perlu pengganti Sadio Mane, Mohamed Salah, apa pun. Tetapi, para pemain itu ada di sini," imbuhnya.

"Hanya saja apa baru terlihat lebih menarik. Ini seperti dengan mobil baru. Mobil lama Anda benar-benar dapat diandalkan, tetapi Anda ingin yang baru, dan dua minggu kemudian rusak. Itu terlihat lebih baik, tetapi jelas itu tidak baik," ucap Klopp yang sukses membawa Liverpool menjuarai Liga Champions musim lalu. 

2 dari 2 halaman

Pemain Anyar Bukan Solusi

Ekspresi Kecewa Jurgen Klopp Usai Liverpool Kalah Atas City
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menginstruksikan gelandang Jordan Henderson selama bertanding melawan Manchester City pada lanjutan Liga Inggris di stadion Etihad (3/1). City berhasil mengalahkan Liverpool dengan skor tipis 2-1. (AFP Photo/Oli Scarff)

Selain itu, Jurgen Klopp juga merasa pemain baru bukanlah solusi untuk membangun Liverpool. Justru menurut Klopp, hal itu malah membuatnya semakin rumit

"Pemain baru tidak pernah menjadi satu-satunya solusi, dan menjadikan tim ini lebih kuat. Susunan pemain awal itu sangat sulit dan sangat mahal, kami tak memiliki uang," ucap Klopp.

"Begitulah. Anda tidak perlu keluarkan 150 juta pounds atau 200 juta pounds dan hanya berkata 'Ya itu pemain yang kami butuhkan dan dia bisa membuat kami lebih baik'," imbuhnya.

Sumber: Sky Sports

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

SILATURAHOME PONARYO