Pernah Bermain untuk Arsenal dan MU, Van Persie Bandingkan Dirinya dengan Sanchez

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 08 Agu 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 08 Agu 2019, 20:00 WIB
3 Pesepak Bola yang Berpotensi  Ciptakan Drama Transfer
Perbesar
Alexis Sanchez, striker MU. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Manchester - Perjalanan karier Robin van Persie dan Alexis Sanchez bisa dikatakan hampir mirip. Keduanya pernah memperkuat Manchester United (MU) dan Arsenal.

Van Persie bergabung dengan MU pada 2012 setelah menghabiskan delapan tahun bersama Arsenal. Pada tahun pertamanya, pria asal Belanda itu mampu memenangkan Liga Inggris dan menjadi top scorer bersama MU, 26 gol.

Eks kapten Arsenal itu menghabiskan tiga tahun bersama Setan Merah, julukan MU. Van Persie mencatatkan 58 gol dari 105 penampilan.

Bila karier Van Persie bersama MU cemerlang, nasib Sanchez justru berbanding terbalik. Sanchez yang datang ke Old Trafford pada 22 Januari 2018 masih kesulitan menyatu dengan MU. Pemain berusia 30 tahun itu hanya mampu mencetak lima gol dan sembilan assist dari 45 pertandingan.

"Bagi Sanchez, situasi itu pasti sulit. Ditambah lagi, dia datang ke tim yang bermain secara defensif dan jauh berbeda dari yang saya alami dulu. Saya datang ke sini ketika masih ada Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Paul Scholes, Ryan Giggs, Michael Carrick," kata Van Persie, dikutip dari Telegraph.

"Selain itu saat di Arsenal, saya juga adalah salah satu pemain yang tua dan menjadi kapten. Jadi ketika saya pindah, saya bisa masuk dan langsung beradaptasi cepat, karena para pemain mendukung semua hal lain di samping saya. Di sana (MU), sangat bersenang-senang," ujar pria berusia 36 tahun tersebut

 

Masalah Gaji

Pesepak Bola yang Gagal Direkrut Guardiola
Perbesar
Alexis Sanchez. (AFP/Lindsay Parnaby)

Permasalahan Sanchez di MU, kata Van Persie yang kini menjadi komentator di BT Sport, adalah gajinya yang sangat tinggi. Striker Timnas Chile tersebut mendapat bayaran sebesar 350 ribu pound sterling per pekan.

"Sekarang ini adalah waktu yang berbeda. Selama beberapa tahun terakhir, banyak yang telah berubah dari United. Ada banyak kesan yang muncul dari para suporter, dari media sosial, dan dari publik Inggris."

"Meskipun di satu sisi, respon soal gaji Sanchez terus menghantamnya belakangan ini. Itu adalah hal negatif. Jadi, sudah seharusnya hal seperti ini hilang," ucap Sanchez menegaskan.

 

Statistik Sanchez

Berikut statistik Alexis Sanchez selama bersama MU:

Main: 45

Menit main: 2.781

Gol: 5

Assist: 9

Kartu kuning: 8

Kartu merah: 0

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓