Sukses

Kick-Off La Liga Spanyol 2019-2020 Masih Belum Jelas

Pengadilan Madrid belum memutuskan kick-off setelah ada perselisihan antara La Liga Spanyol dengan RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol).

Liputan6.com, Madrid - Kepastian kapan kick-off kompetisi La Liga Spanyol masih belum jelas. Hal ini karena ada perselisihan antara La Liga dengan RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol).

Waktu pelaksanaan laga pertama La Liga Spanyol musim 2019-2019 belum bisa ditentukan dalam beberapa hari ke depan, setelah pengadilan menunda mengeluarkan vonis pada Rabu (7/8/2019).

Perselisihan antara La Liga dengan RFEF terjadi lantaran RFEF melarang pertandingan domestik musim 2019-2020 digelar pada Jumat dan Senin malam waktu setempat.

Kasus ini sampai ke meja sidang pengadilan Madrid. Setelah kemarin empat jam melakukan sidang, pengadilan belum juga mendapat keputusan kapan tanggal wan waktu kick-off Liga Spanyol.

Vonis dari pengadilan belum akan dikeluarkan sampai Jumat atau bahkan Senin pekan depan, atau empat hari sebelum Liga Spanyol seharusnya mulai. Keputusan mengenai pembuka tirai musim itu menyangkut pertandingan Athletic Bilbao menjamu Barcelona di San Mames, Jumat 16 Agustus nanti, seperti telah diumumkan La Liga awal bulan lalu.

Laga pekan pertama itu juga termasuk dua pertandingan yang berlangsung Senin 19 Agustus saat Mallorca melawan Eibar dan Real Betis menjamu Real Valladolid. Namun, Presiden RFEF, Luis Rubiales menyatakan pertandingan Liga Spanyol setiap Jumat dan Senin selama musim ini hanya boleh terjadi atas persetujuan RFEF.

La Liga menegaskan bahwa mereka berwenang menentukan tanggal dan waktu permainan dan menyatakan menghapus jadwal Jumat dan Senin akan merusak kesepakatan dengan televisi terkait siaran langsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pangkas 30 Persen

Presiden Mediapro Jaume Roures sudah memperingatkan bahwa stasiun-stasiun televisi akan memangkas 30 persen pemasukan iklan yang disebutnya sebagai dampak ekonomi yang sangat besar.

RFEF bersikukuh bahwa kesepakatan sebelumnya dengan La Liga yang membolehkan pertandingan dimainkan Jumat dan Senin sudah kadaluarsa.

3 dari 3 halaman

Masalah Kontroversial

Jadwal pertandingan pada dua hari itu menjadi masalah kontroversial di Spanyol karena pertandingan Jumat dan Senin tidak banyak ditonton orang dan umumnya disediakan untuk tim-tim kasta bawah.

Pendukung Alaves memprotes sebuah pertandingan yang dilangsungkan hari Senin melawan Levante Februari tahun ini. Beberapa pendukung memboikot kick-off, sedangkan yang lainnya menggotong keranda hitam ke sekeliling stadion yang melambangkan matinya sepak bola Spanyol.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.