Sukses

Shauna Coxsey, Pemanjat Seksi yang Berambisi Taklukkan Olimpiade Tokyo 2020

Masuknya panjat tebing di Olimpiade Tokyo 2020 memberi angin segar bagi atlet cantik asal Inggris, Shauna Coxsey.

Liputan6.com, London - Olimpiade Tokyo 2020 juga akan mempertandingkan cabang olahraga panjat tebing. Hal ini memberi angin segar bagi pemanjat cantik asal Inggris, Shauna Coxsey (26).

Sebelumnya, Coxsey tak pernah menyangka akan berpeluang tampil di Olimpiade. Pasalnya, panjat tebing bukan termasuk cabang yang dipertandingkan di ajang olahraga empat tahunan tersebut.

"Saya tumbuh dengan menonton Olimpiade. Saya terinspirasi, tetapi itu bukan mimpi saya karena Olimpiade tidak mempertandingkan cabang panjat tebing," ujar cewek seksi ini seperti dilansir Mirror.

Bagi Coxsey, panjat tebing merupakan olahraga kesukaannya. Ketekunannya menggeluti olahraga yang tergolong ekstrim ini pun sudah memberikannya banyak prestasi.

Pada 2017, Coxsey keluar sebagai juara dunia nomor bouldering. Aktivitasnya di dunia panjat tebing pun membuat Kerajaan Inggris menganugerahi penghargaan MBE (Member of the Order of the British Empire).

Tak hanya itu, Coxsey juga meraih medali perunggu di Piala Dunia panjat tebing di Swiss kemudian medali perak di kejuaraan bouldering di Moskow. Kini, untuk lolos Olimpiade Tokyo, Coxsey hanya perlu masuk tujuh besar kejuaraan dunia bulan ini.

"Mimpi itu bagi saya hanyalah agar bisa terpilih (masuk Olimpiade Tokyo, red)" ujar Coxsey.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Jauh

Coxsey mengakui, prestasi di Swiss dan Moskow mendongkrak kepercayaan dirinya. Ia pun tak pernah menyangka bisa begitu cemerlang di dunia panjat tebing.

Namun Coxsey merasa, perjuagannya untuk merebut medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 masih cukup jauh. "Ini sungguh luar biasa. Tetapi perjalanannya masih sangat jauh," ujar Coxsey mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Tiga Nomor

Cabang panjat tebing di Olimpiade Tokyo 2020 akan mempertandingkan tiga nomor yakni speed climbing, bouldering, dan lead climbing. Selain panjat tebing, ada empat cabang olahraga lain yang ikut ditambahkan yakni baseball, skateboard, karate, dan selancar.

Saksikan video menarik di bawah ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.